Salin Artikel

Survei Indikator Politik: Ridwan Kamil Kokoh untuk Posisi Cawapres

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat jadi figur teratas untuk posisi Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pilpres 2024. Hal itu terungkap dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia dan Charta Politika.

Survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei ini sekitar +-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, nama Ridwan Kamil jadi pilihan teratas saat disimulasikan dengan tiga nama calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Ia mencatat pendukung Anies banyak memilih Ridwan Kamil, diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Sandiaga sebagai cawapresnya.

"Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ke tiga nama. Ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil, ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi," kata Burhanuddin dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/12/2022).

Ini sama halnya dengan pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo yang cenderung memilih Ridwan Kamil sebagai Cawapres.

Dalam simulasi yang dilakukan Indikator Politik, Ridwan Kamil mendapat elektabilitas 19,7 persen. Disusul AHY 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 persen, Erick Thohir 9,6 persen dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 persen.

Berikutnya, Andika Perkasa 3,3 persen, Puan Maharani 3,1 persen, Tri Rismaharini 2,7 persen, Susi Pujiastuti 2,2 persen, Mahfud MD 2,0 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen dan Gatot Nurmantyo 1,3 persen.

Sementara dalam bursa Capres, nama Ridwan Kamil juga menguat sebagai tokoh di bawah Ganjar, Anies dan Prabowo. Ridwan Kamil dinilai stabil dibawah tiga tokoh tersebut.

"Pada Agustus 2022, ada peristiwa apa yang membuat suara Ridwan Kamil melejit, dan sempat turun di September kemudian naik sedikit. Di simulasi semi terbuka suara Ridwan Kamil di kisaran 7 persenan. Artinya, meskipun tragedi (hilangnya putra RK) sudah berlalu RK masih dapat 7-8 persen," jelas Burhan.

Diberitakan sebelumnya, lembaga survei Charta Politika merilis elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) dari sejumlah tokoh.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi 3 nama pemilik elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Survei ini diselenggarakan pada 4-12 November 2022. Survei menggunakan metode wawancara tatap muka.

Dengan metode multistage random sampling, survei melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei ini sebesar 2,83 persen.

Dalam surveinya, Charta Politika bertanya kepada para responden, "jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu/saudara pilih sebagai wakil presiden di antara nama-nama berikut ini?"

Rupanya, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres semakin meningkat. Dia pun menyalip Sandiaga Uno.

"Pertama kalinya dalam survei Charta Politika, Ridwan Kamil menempati posisi pertama. Jadi pertanyaan mengenai siapa yang paling pantas jadi Wakil Presiden, Ridwan Kamil ada di posisi pertama, 22,5 persen," ujar Yunarto seperti dilihat dalam akun YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Yunarto menjelaskan, di posisi kedua ada Sandiaga Uno dengan 18,3 persen.

Kemudian, jauh di bawah Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno, ada AHY dengan perolehan suara 9 persen.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/185233978/survei-indikator-politik-ridwan-kamil-kokoh-untuk-posisi-cawapres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke