Salin Artikel

Pemerintah Desa dan Tokoh Agama Serahkan Pelaku Bentrok ke Polisi, Kapolda Maluku Mengapresiasi

Pemerintah desa, tokoh agama dan pemuda secara sukarela menyerahkan salah satu warga diduga pelaku penganiayaan yang memicu bentrok antarwarga desa di wilayah tersebut ke Polres Maluku Tenggara.

“Kami memberikan apresiasi kepada pejabat desa, ketua pemuda dan Pastor yang telah menyerahkan pelaku bentrok kepada aparat kepolisian,” kata Latif kepada wartawan di Ambon, Kamis (1/12/2022).

Ia mengaku penyerahan salah seorang pelaku pemicu bentrok itu dilakukan setelah aparat kepolisian berkoordinasi dengan pihak Desa Bombai.

Adapun warga yang diserahkan ke polisi itu adalah seorang pemuda berinisial YW alias Ulis.

Menurut Latif setelah diserahkan, pelaku akan diproses secara hukum.

“Ini merupakan bentuk dukungan dari masyarakat. Dan apa yang telah dilakukan oleh pejabat desa, ketua pemuda dan pastor di desa Bombai, diharapkan dapat menjadi role model bagi desa-desa lainnya yang kerap terlibat bentrok di Maluku,” kata Latif.


Latif pun berharap warga kedua desa tidak lagi terlibat bentrok atas alasan apa pun.

“Kalau ada kasus yang dilakukan perorangan, biarkan proses hukum yang bertindak dan jangan dibawa menjadi persoalan negeri, suku atau golongan,” pintanya.

Kapolda juga mengajak masyarakat kedua desa agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Kalau terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, kami minta masyarakat agar segera menghubungi aparat kepolisian terdekat," pintanya.

Sebelumnya bentrok antara warga Desa Bombai dan Desa Elat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara pecah pada Sabtu (12/11/2022).

Akibat bentrokan itu dua warga dinyatakan tewas dan lebih dari 50 warga kedua desa terluka. Bentrokan juga menyebabkan puluhan rumah warga terbakar, termasuk dua sekolah dan sebuah fasilitas kesehatan.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/172236878/pemerintah-desa-dan-tokoh-agama-serahkan-pelaku-bentrok-ke-polisi-kapolda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke