Salin Artikel

Rekreasi dan Rokok Penyebab Inflasi di Maumere pada November 2022

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sikka Kristanto Setyo Utomo mengatakan, inflasi disebabkan oleh peningkatan harga secara umum pada enam dari 11 kelompok pengeluaran.

"Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks harga paling besar adalah kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, yaitu mencapai 2,01 persen," ujar Kristanto, Kamis (1/12/2022).

Meskipun mengalami peningkatan paling signifikan pada kelompok ini, hanya subkelompok koran, buku, dan perlengkapan sekolah yang mengalami peningkatan yaitu sebesar 2,95 persen. Sedangkan subkelompok yang lain relatif stagnan.

Selain kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, lanjut Kristanto, kelompok makanan, minuman dan tembakau juga mengalami peningkatan indeks harga secara umum, yaitu sebesar 0,79 persen.

Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya tiga subkelompok yang ada pada kelompok ini, yaitu subkelompok makanan yang meningkat sebesar 0,72 persen.

Lalu, subkelompok minuman tidak beralkohol sebesar 0,79 persen dan subkelompok rokok dan tembakau sebesar 1,35 persen.


Kondisi ini, ungkap Kristanto, menunjukkan bahwa tingkat harga di Kota Maumere pada bulan November secara umum mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya, namun masih relatif rendah.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan perkembangan harga secara tahunan dapat dikatakan tekanan inflasi di Kota Maumere kembali mengalami penurunan.

"Kondisi ini harus terus dijaga dengan baik agar daya beli masyarakat tetap stabil mengingat saat ini sudah masuk pada akhir tahun serta menjelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/153325778/rekreasi-dan-rokok-penyebab-inflasi-di-maumere-pada-november-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke