Salin Artikel

Telan Rp 30,5 M, Pabrik Sampah di TPA Kebon Kongok NTB Mampu Hasilkan 15 Ton RDF Per Hari

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah mengunjungi lokasi pembangunan pabrik Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok, Desa Suka Makmur, Lombok Barat, Kamis (1/12/2022).

TPST tersebut nantinya akan menghasilkan bahan bakar refused derived fuel (RDF) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pencampur batubara pada PLTU atau sebagai bahan bakar lainnya.

Rohmi mengatakan, pembangunan TPST tersebut akan mengurangi jumlah sampah 120 ton per hari.

"Nanti kapasitasnya kalau sudah jadi itu input-nya 120 ton, dan hasilnya nanti 15 ton pellet (RDF)," ungkap Rohmi usai memantau pembangunan proyek PTSP.

Nantinya, bahan bakar RDF tersebut akan dijual kepada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang yang tidak jauh dari lokasi pabrik TPST.

"Ya nanti akan dikirimkan ke Jeranjang. Kita optimis pasti bisa mengatasi sampah di NTB sesuai program zero waste," kata Rohmi.

Telan Rp 30,5 miliar

Sementara itu, anggaran untuk pembangunan TPST tersebut senilai Rp 30.552.000.000 yang diperoleh dari pinjaman dana bank dunia Indonesia Tourism Development Project (ITDP).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB Julmansyah mengungkapkan, sampah yang dikirim ke TPA Kebon Kongok sebanyak 200-300 ton per hari dan RDF yang dihasilkan masih sedikit.

"Kalau sekarang masih 5 ton per bulan, dan nanti setelah jadi TPSP ini akan menghasilkan 15 sampai 40 ton per hari," kata Julmansyah.

TPA Kebon Kongok yang beroperasi sejak 1993 memiliki lahan seluas sekitar 13 hektar dengan beban ideal 991.800 meter kubik sampah. Pada 2021, jumlah sampah yang tertampung telah mencapai batas ideal yang ditentukan.

Meski begitu, sampah dari Kota Mataram dan Lombok Barat yang mencapai ratusan ton per hari tetap berakhir di TPA Kebon Kongok.

Sejumlah sampah yang dibuang ke TPA Kebon Kongok pun meluber ke sungai dan banyak dikeluhkan masyarakat sekitar.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/135117678/telan-rp-305-m-pabrik-sampah-di-tpa-kebon-kongok-ntb-mampu-hasilkan-15-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke