Salin Artikel

BMKG Peringatkan Hujan Disertai Angin Kencang Terjadi di Kota Semarang, Ini Daerah yang Diwaspadai

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang mengeluarkan peringatan dini untuk tanggal 30 November 2022 di Kota Semarang.

Diperkirakan beberapa daerah di Kota Semarang seperti Candisari, Gajahmungkur, Tembalang, Banyumanik dan Gunungpati bakal terjadi hujan petir disertai angin kencang.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, sejumlah wilayah di Kota Semarang memang rawan banjir dan longsor.

"Untuk itu kita minta agar pemerintah dan masyarakat selalu waspada," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022).

Apalagi, lanjutnya, ada peringatan cuaca ekstrem dari BMKG Ahmad Yani Semarang. Dia berpesan kepada semua pihak agar saling menjaga untuk mengahadapi cuaca ekstrem.

"Kita minta semua pihak harus waspada kondisi-kondisi tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan, Kota Semarang mempunyai tekstur tanah yang rawan longsor karena jenis tanah di sejumlah lokasi masuk kategori material yang mudah lepas.

"Jenis tanah yang ada di Semarang adalah material yang mudah lepas," imbuhnya.

Tekstur tanah di sejumlah lokasi Kota Semarang belum terkompaksi dengan baik. Hal itu membuat tekstur tanah mudah retak yang mengakibatkan longsor.

"Alam kita seperti itu, jenis tanah kita, sehingga ketika ada retakan mudah terjadi kelongsoran," ujarnya.

Sampai saat ini, Pemerintah Kota Semarang sudah berusaha untuk melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang rawan longsor agar bisa dilakukan antisipasi.

"Gajahmungkur, Ngaliyan dan Banyumanik rawan longsor," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/30/142409378/bmkg-peringatkan-hujan-disertai-angin-kencang-terjadi-di-kota-semarang-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke