Salin Artikel

Pembebasan Lahan Tol Semarang-Demak Ditargetkan Selesai pada Natal dan Tahun Baru

SEMARANG, KOMPAS.com - Progres pembebasan lahan Tol Semarang-Demak berkurang karena penambahan lahan untuk kebutuhan kontruksi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Semarang-Demak, Diah mengatakan, yang awalnya sudah 98 persen kini berkurang jadi 92 persen.

"Ada penambahan lahan di Jalan Tol Semarang-Demak seksi 2 untuk kebutuhan kontruksi," jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Ditanya soal lahan yang belum dilakukan pembebasan, Diah mengaku tak hafal berapa luasan lahan maupun jumlah lokasi yang belum selesai.

"Kalau berapa lahan saya tak hafal ya," ujarnya.

Sampai saat ini, pihak Jalan Tol Semarang-Demak masih melakukan proses pengadaan tanahnya. Dia berharap proses pembebasan tanah bisa selesai Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Target Nataru masih optimis tahun ini bisa diselesaikan," paparnya.

Apalagi, lanjutnya, sampai saat ini pihaknya belum menemukan permasalahan yang krusial terkait pembebasan tanah untuk Jalan Tol Semarang-Demak.

"Penyediaan seksi dua secara keseluruhan tak ada masalah. Dan masalahnya juga tak krusial," imbuhnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mulai melakukan pengadaan tanah sekitar tahun 2015. Yang menjadi leader pengadaan tanah merupakan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Kita sudah melalui proses inventarisasi hingga validasi. Ini menjadi dasar untuk melakukan pembayaran," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/30/124710678/pembebasan-lahan-tol-semarang-demak-ditargetkan-selesai-pada-natal-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke