Salin Artikel

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Memakai Tema Mataram Islam, Ini Lokasi Acara Adat dan Resepsi

SOLO, KOMPAS.com - Asmoro Dekorasi kembali dipercaya oleh keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendekorasi acara pernikahan putranya.

Kali ini, untuk acara ngunduh mantu putra bungsunya yakni Kaesang Pangarep dengan putri Indonesia asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Erina Gudono.

Acara ngunduh mantu ini akan dilaksanakan di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Art Director Asmoro Dekorasi Pandji Vasco Dagama menjelaskan, acara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

Sedangkan Pura Mangkunegaran hanya untuk menerima tamu atau resepsi.

Pandji menambahkan, acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Loji Gandrung ini akan menggunakan tema Mataram Islam.

Semua bentuk ornamen dekorasi Mataram Islam Yogyakarta dan Solo.

"Kami bikin satu visual di antaranya mrajak sewu. Ini kita ambil dari konsep berdirinya Kerajaan Mataram Islam," ungkap dia, Selasa (29/11/2022).

Mrajak sewu ini berbentuk punden dengan ornamen daun jati, kelapa cengkir gading, bambu dan cabai. Semua ornamen ini memiliki makna.

"Daun jati yang kami imajinasikan sebagai daun jati dari alasa Donoloyo. Di mana di situ berdirinya Keraton Jogja dan Keraton Solo. Kalau untuk cengkir gading itu adalah sebuah filosofi kencenge pikir bahwa ini kegiatan yang memang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sudah dipertimbangkan. Kemudian, ada mrajak sewu bambu dan lombok sebagai identifikasi dari sebuah hajatan di mana kami memohon kepada alam agar mendukung semua kegiatan ini," terang dia.

Pandji menerangkan, mrajak sewu ini akan diletakkan di Loji Gandrung untuk melengkapi dekorasi lainnya pada acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

"Ornamen ini nanti kami letakkan di Loji Gandrung melengkapi dekorasi belakang yang gebyok yang terdiri dari ornamen Solo dan Jogja tadi. Untuk bunga-bunganya nanti bungan anggrek, kasablanka, pikok, baby breath dan material daun yang lain dan itu semuanya nuansa putih," kata Pandji.

Pemilik Asmoro Dekorasi, Ranu Asmoro menambahkan, alasan mengambil tema Mataram Islam ini karena merupakan cikal bakal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Yogyakarta.

"Mengingat mempelai ini kan dari Solo dan Jogja," ungkap Ranu.

Ranu mengungkapkan Loji Gandrung memang disiapkan khusus untuk acara adat dalam ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

Sehingga segala prosesi adat semua dilaksanakan di Loji Gandrung.

Sementara Pura Mangkunegaran Solo disiapkan untuk acara menerima tamu atau resepsi.

"Salah satunya adalah acara sungkemen, tumplak kunjen atau udik-udik. Kemudian dilanjut nanti dikirab dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran melalui Jalan Slamet Riyadi," kata Ranu.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/29/192655178/ngunduh-mantu-kaesang-erina-memakai-tema-mataram-islam-ini-lokasi-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke