Salin Artikel

Saldonya yang Hilang Tak Diganti Utuh, Nasabah Bank Sulselbar: Saya Menabung Rp 900 Juta, Pokoknya Harus Kembali Semua

Sulastri, nasabah yang kehilangan seluruh isi saldonya mengaku tidak setuju dengan keputusan pihak Bank yang memotong kerugian yang dideritanya.

Sulastri bersama beberapa kerabatnya bahkan langsung menemui pimpinan Bank Sulselbar setelah mendengar keputusan ini.

"Samaji halnya itu bank cicil sama saya. Kalau saya tahu begini tidak mungkin akan saya simpan. (Uang) ini untuk kebutuhan anak saya di masa depan," kata Sulastri kepada wartawan di Hotel Maleo Mamuju, Selasa (29/11/2022).

Sulastri mengaku dia bersama sembilan keluarganya menabung hingga Rp 1 miliar di Bank Sulselbar saat ditawari oleh mantan pegawai Bank Sulselbar H.

Sulastri mengungkapkan melakukan hold pada tahungannya karena dijanjikan bonus cashback oleh H. Namun dia sama sekali tidak mengetahui kalau bonus itu ternyata juga berasal dari uang yang diserahkannya.

"Itu kan perjanjian toh, dia bilang ibu simpan uang, ibu dapat bonus. Itu perjanjian dalam waktu 6 bulan uang ibu tidak dipakai (ditarik), ibu dapat bonus," ujar Sulastri.

Senada dengan Sulastri, nasabah lain yang bernama Hasna juga keberatan jika pihak Bank Sulselbar mengurangi isi tabungannya yang telah raib.

Sebelumnya diberitakan Bank Sulselbar Cabang Utama Mamuju menyebut 37 nasabah sudah melapor terkait kehilangan isi saldo rekening yang diduga digelapkan oleh mantan pegawainya beberapa waktu lalu.

Direktur Kepatuhan Bank Sulselbar Dian Angraeni Hutina mengatakan bahwa dari 37 nasabah tersebut, hanya 31 nasabah yang berhak menerima pengembalian dana. Pasalnya, ada beberapa nasabah yang setorannya tidak tercatat di rekening Bank.

Mantan pegawai Bank Sulselbar berinisial H diduga tidak menyetor beberapa dana nasabah hingga tidak tercatat dalam sistem pembukuan Bak Sulselbar.

"Ada nasabah yang melakukan pengaduan tidak tercatat dalam pembukuan bank sebesar Rp 1 miliar," kata Dian saat menggelar konferensi pers di Hotel Grand Maleo Mamuju, Selasa (29/11/2022).

Alasan pihak bank tidak mengganti sepenuhnya karena para nasabah telah medapatkan sejumlah cashback.

Kasus penggelapan miliaran dana nasabah ini sendiri terkuak setelah puluhan warga yang menjadi nasabah Bank Sulselbar Kantor Cabang Mamuju mengaku kehilangan uang di rekening pribadi mereka.

Jumlah saldo yang hilang mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Salah satu nasabah yang kehilangan dana di rekening Bank Sulselbar Mamuju ialah anggota DPRD Mamuju Tengah Nirmalasari Aras.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/29/191732278/saldonya-yang-hilang-tak-diganti-utuh-nasabah-bank-sulselbar-saya-menabung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke