Salin Artikel

Lewat Bonebol Half Marathon, Bupati Hamim Dukung Pengembangan Olahraga Bone Bolango

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menyelenggarakan Bonebol Half Marathon 2022 dalam rangka memeriahkan 12 tahun kepemimpinan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, pada Minggu (27/11/2022).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, penyelenggaraan Bonebol Half Marathon tidak hanya untuk memperkenalkan Kabupaten Bone Bolango, tetapi juga sebagai komitmen dalam membangun pengembangan olahraga di Provinsi Gorontalo, terutama di wilayahnya.

Lewat ajang Bonebol Half Marathon, kata dia, pihaknya juga berupaya terus mengenalkan Bone Bolango sebagai daerah hijau, teduh, sejuk, dengan panorama yang indah dan komplit.

Apalagi, sebut Hamim, Bone Bolango memiliki banyak objek wisata. Sayangnya objek wisata ain hanya dinikmati oleh warga Bone Bolango atau Gorontalo.

“Bonebol Half Marathon menjadi ajang untuk menggelorakan kehidupan olahraga, silaturahmi, dan mengenalkan objek wisata, sekaligus menggerakkan sektor UMKM di Kabupaten Bone Bolango,” katanya seperti diwartakan Kominfo.bonebolangokab.go.id, Minggu (27/11/2022).

Hamim menjelaskan, para peserta Bonebol Half Marathon mayoritas berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan event yang sangat bagus. Terlebih, kegiatan ini memiliki hadiah dan bonus menarik yang diserahkan secara tunai.

Pasalnya, dalam gelaran event olahraga selama ini terkadang ada oknum yang sengaja tidak memberikan atau menunda hadiah. Parahnya lagi, para peserta mengungkapkan komplain jalanan yang rusak.

“Kami di Bonebol Half Marathon ini semuanya cash dan diserahkan langsung,” ujar Bupati Bone Bolango dua periode itu.

Hamim berharap, kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan dengan peserta lebih banyak, dan tentunya dengan beberapa perbaikan. Ini karena ia ingin agar Bone Bolango lebih terkenal di luar daerah.

“Tadi banyak sekali peserta dari luar Gorontalo yang dibuktikan dengan 10 pelari terbaik hampir 70 persen dari luar provinsi. Ini akan jadi tantangan untuk runner Gorontalo bagaimana di masa yang akan datang mereka bisa jadi juara dengan terus berlatih,” imbuhnya.

Hamim juga berharap, kehidupan olahraga di Gorontalo akan semarak lewat komunitas atau klub pelari.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango Merlan S Uloli mengungkapkan penyelenggaraan Bonebol Half Marathon merupakan pengalaman pertama pihaknya dalam memimpin Kabupaten Bone Bolango.

Lewat Bonebol Half Marathon, Wabup perempuan pertama di Bone Bolango tersebut berharap akan lebih banyak lagi atlet lari yang ikut serta. Apalagi, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Bone Bolango.

Merlan memastikan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan melengkapi segala kekurangan agar pelaksanaan Bonebol Half Marathon dapat menggaet lebih banyak sponsor.

“Tadi saya lari sampai ke Center Point bolak balik dan ini suatu kebahagiaan bagi saya karena melihat warga bergembira, bersenang-senang, bersilaturahmi di 12 tahun kepemimpinan Bupati Hamim Pou,” jelasnya.

Pemenang Bonebol Half Marathon 2022

Dalam ajang Bonebol Half Marathon 2022 telah diumumkan para pemenang lomba.

Juara pertama atlet lari putra tercepat diraih oleh peserta 0784 Herianto R dari Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), dengan mencatatkan waktu 1 jam 16 menit dan 44 detik.

Berkat kemenangan tersebut, Herianto menerima hadiah berupa bonus uang tunai sebesar Rp 8 juta, plakat, piagam, dan medali dalam ajang Bonebol Half Marathon 2022.

Sementara itu, juara pertama atlet putri tercepat diraih oleh peserta 0409 Sofia Maudub dari Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ia berhasil mencatatkan waktu 1 jam 39 menit dan 18 detik dalam lomba Bonebol Half Marathon 21 kilometer (km) tersebut.

Untuk posisi kedua putra diraih oleh Irwandi Fokatea, atlet lari dari Kota Ternate, Maluku dengan catatan waktu 1 jam 18 menit dan 1 detik.

Sementara itu, posisi kedua putri diraih oleh atlet asal Kota Manado, Sulut, Ribca Ransun yang berhasil mencatatkan waktu 1 jam 49 menit dan 51 detik.

Pada posisi ketiga putra diraih oleh Fransisko Gagansa atlet lari dari Kota Manado, Sulut dengan catatan waktu 1 jam 19 menit dan 48 detik.

Untuk posisi ketiga putri diraih oleh Tia Maudub, atlet lari dari Kota Manado, Sulut dengan mencatatkan waktu 1 jam 55 menit dan 26 detik.

Pada posisi keempat untuk putri diraih atlet lari asal Jepang bernama Naoko. Ia berhasil mencatatkan waktu 2 jam 3 menit 1 detik.

Respons positif pemenang Bonebol Half Marathon

Penyelenggaraan Bonebol Half Marathon 2022 di Kabupaten Bone Bolango, Minggu (27/11/2022), memberi kesan tersendiri bagi para atlet lari.

Selain pelayanan memadai, di tempat finish juga disediakan berbagai macam buah-buahan, air mineral, dan juga medali bagi para atlet.

Tak hanya dimanjakan fasilitas, para atlet juga menikmati pemandangan yang asri di sepanjang rute maupun lintasan lari. Bahkan, para pelari ini mendapat sambutan cukup meriah dan luar biasa oleh masyarakat setempat.

Tidak sedikit masyarakat di sepanjang lintasan Bonebol Half Marathon yang dilalui para atlet menyediakan berbagai minuman, kue, dan makanan ringan lainnya atau snack.

Pengalaman menarik tersebut, salah satunya dialami oleh Herianto R, atlet lari asal Kabupaten Poso, Sulteng, yang juga berhasil meraih juara satu dalam ajang Bonebol Half Marathon.

”Rute Bonebol Half Marathon cukup bagus hanya bagian yang menantang tadi dari tugu Center Point karena terdapat tanjakan. Meski demikian, saya menilai pemandangan di sini sangat asri sekali, terutama di jalur by pass tadi sangat saya nikmati sekali selama berlari,” ujarnya saat diwawancarai awak media.

Pada kesempatan tersebut, Herianto menceritakan bahwa sudah banyak mengikuti lomba maraton.

Bahkan, ia menggeluti dunia atletik sejak 2003 sewaktu masih duduk di kelas I sekolah menengah pertama (SMP).

”Sudah beragam medali saya dapat, ada yang perak dan perunggu,” kata Herianto.

Untuk persiapan mengikuti Bonebol Half Marathon, ia mengaku tidak memiliki pelatihan secara khusus. Herianto hanya fokus terus berlatih, menjaga kondisi fisik, dan kesehatan.

Herianto mengungkapkan, lomba maraton yang paling berat diikuti saat di Toraja dengan banyak kendala dari kejaran anjing dan tanjakan.

Tak lupa, ia memberikan tips kepada para pelari pemula di Bone Bolango dan secara umumnya di Provinsi Gorontalo untuk bisa meraih juara, yaitu cukup melakukan latihan dengan konsisten.

“Harapan saya kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan di tahun yang akan datang agar Bone Bolango lebih dikenal masyarakat luas,” ujar Herianto.

Herianto sendiri baru tiba di Gorontalo satu jam sebelum race. Namun, hebatnya ia bisa melaju dan berhasil menjadi jawara Bonebol Half Marathon di Kabupaten Bone Bolango tersebut.

Catatan waktu yang ditorehkan Herianto cukup luar biasa, yakni 1 jam 16 menit dan 44 detik. Hal ini membuat dirinya menjadi peserta paling cepat dari 1.800 orang yang ikut serta dalam ajang Bonebol Half Marathon.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/29/17271941/lewat-bonebol-half-marathon-bupati-hamim-dukung-pengembangan-olahraga-bone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke