Salin Artikel

Wapres Minta Kementerian dan Lembaga Bantu Pengembangan Industri Kopi Papua

Hal ini diungkapkan Wapres saat melakukan kunjungan bersama Wury Ma'ruf Amin ke Kedai Meja Kopi, di Ruko Pasifik Permai Dok II Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (29/11/2022).

“Kepada para pemangku kepentingan agar dapat memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan industri kopi Papua,” kata Ma'ruf.

Menurut Wapres, dukungan yang harus diberikan mulai dari produksi, distribusi hingga dapat memenuhi konsumsi masyarakat sehari-hari yang ada di Papua dan di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.

Lebih jauh, Ma'ruf mengatakan, dukungan untuk pengembangan kopi Papua perlu melibatkan banyak pihak.

Termasuk kementerian dan lembaga di pusat. Untuk itu, ia meminta kementerian dan lembaga terkait agar membantu pengembangan kopi Papua. 

"Dari hulu sampai ke hilir,” ucap Wapres.

“Dimulai dari hilir, baik pertanian, pengolahan sampai dengan pemasaran dan pengemasan untuk diperjualbelikan,” ujarnya.

Sementara itu, pemilik kedai Meja Kopi Lita Numberi, menjelaskan kepada Wapres bahwa kopi yang ada di kedainya merupakan hasil pendampingan dan pembinaan kepada para petani kopi Papua oleh komunitas Papua Muda Inspiratif, di mana dirinya juga menjadi anggotanya.

"Kami dari Papua Muda Inspiratif ada pendampingan kepada petani di Pegunungan Bintang, Wamena. Kopinya kami ambil menjadi produk di sini," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/29/165535478/wapres-minta-kementerian-dan-lembaga-bantu-pengembangan-industri-kopi-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke