Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,2 di Maluku Tengah, BPBD Sebut Tidak Ada Kerusakan

“Sampai saat ini kita belum menerima laporan kerusakan, dan saya pastikan tidak ada dampak kerusakan karena sampai saat ini belum ada laporan,” kata Kepala BPBD Maluku Tengah Abdul Latif Kei kepada Kompas.com via telepon, Senin.

Latif mengakui, gempa tersebut dirasakan getarannya oleh masyarakat Kabupaten Maluku Tengah. Namun, gempa itu tak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“Getaran dirasakan tapi sedikit saja, ada goyang tapi kecil saja di bagian Seti,” katanya.

Setelah gempa, warga di wilayah itu tetap beraktivitas seperti biasa dan sama sekali tak terganggu.

“Aktivitas masyarakat lancar,” ujarnya.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 2,79 lintang selatan dan 129,85 bujur barat atau tepatnya sekitar 79 kilometer arah barat Laut Seram Bagian Timur, Maluku. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik  atau thrust fault,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis yang ditemima Kompas.com.

Daryono mengakui gempa bumi ikut dirasakan getarannya di daerah Seram Utara dengan skala intensitas II MMI.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/29/133643978/gempa-magnitudo-52-di-maluku-tengah-bpbd-sebut-tidak-ada-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke