Salin Artikel

BMKG Catat Terjadi 300 Gempa Susulan di Cianjur, Diperkirakan Kekuatannya Melemah Dalam 2 Minggu

KOMPAS.com - Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 300 gempa susulan yang terjadi pasca gempa di Cianjur, Jawa Barat bermagnitudo 5,6, pada Senin (21/11/2022) lalu,

Kepala BMKG Jabar Teguh Rahayu mengatakan, sejumlah gempa susulan masih terjadi di wilayah Cianjur dengan magnitudo terbesar 4,2 dan terkecil 1.0.

"Semenjak dari awal sampai pukul 11.00 WIB ini tercatat sudah ada sebanyak 300 kali gempa bumi susulan," katanya saat diwawancarai Posko BMKG di Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022) dikutip dari TribunJabar.

Mengenai jumlah gempa susulan yang terjadi dalam satu hari, Teguh menyebut tidak sama berapa kali bahkan cenderung melemah setiap harinya.

"Ketika gempa magnitudo 5.6 satu sampai dua hari itu tercatat mencapai 30 hingga 40 kali gempa susulan. Sedangkan pekan ini hanya 2-5 kali gempa susulan," ucapnya.

Estimasi gempa susulan berakhir

Berdasarkan pantauan BMKG, gempa susulan yang terjadi tersebut kekuatannya sudah melemah, dan frekuensinya terus mengalami penurunan.

"Kami masih terus mengestimasi kapan gempa susulan ini akan berakhir. Gempa susulan ini akan terjadi sampai energinya habis, itu baru habis. Dan diperkirakan akan tejadi hingga 1-2 minggu," ucapnya.

Teguh menambahkan, saat ini petugas BMKG juga sudah disebar ke beberapa titik di Kabupaten Cianjur untuk memasang alat yang dapat mengetahui penyebab titik gempa.

"Pada rilis pertama kita mendugs bawah gempa ini penyebabnya sesar Cimandiri, karena itu kita memasang sejumlah alat. Alat-alat yang terpasang itu yaitu stasion risk," kata dia. (Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sepekan Gempa Cianjur, BMKG Catat Ada 300 Gempa Susulan, Terbesar 4,2 Skala Magnitudo

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/194634978/bmkg-catat-terjadi-300-gempa-susulan-di-cianjur-diperkirakan-kekuatannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke