Salin Artikel

Soal Tambang Ilegal di Klaten, Ganjar: Saya Tahu Bekingnya Gede-gede di Sana

Sebelumnya Walikota Solo Gibran juga mengakui adanya bekingan atau penguasa yang bermain tambang ilegal merupakan sosok yang 'ngeri' atau berkuasa.

"Saya tahu bekingnya gede-gede di sana. Kalau ada bekingannya, makanya kita minta dilaporkan pada kita siapa yang ada di belakangnya agar kita tahu mana legal dan ilegal," kata Ganjar saat ditemui Kompas.com di depan ruang kantornya, Senin (28/11/2022).

Dengan tegas, Ganjar menyebutkan siap untuk menyerahkan para pemain tersebut pada penegak hukum. Untuk itu meminta keberanian penegak hukum untuk berdiri paling depan mengingat hal ini termasuk pelanggaran serius.

"Maka dulu pernah kita bentuk Puser Bumi tapi tidak efektif, sama sekali tidak efektif. Kita kejar terus besok muncul lagi, kejar, muncul lagi," jelasnya.

Kini, ia kembali meminta dukungan dari masyarakat agar ikut melaporkan. Selain itu dia meminta agar penegak hukum untuk tegas dan tidak ragu menindak para pelaku.

Salah satu upaya penindakan yakni pembentukan Satgas Puser Bumi yang diinisiasi oleh Polda Jawa Tengah. Pada pelaksanaannya, laporan yang masuk sering gagal ditindak karena informasinya bocor.

Untuk itu, Ganjar mengusulkan dibuat satu nomor khusus atau aplikasi pengaduan khusus penambangan ilegal ini. Nantinya jika laporan masuk dan dipastikan ada, para penambang itu akan diedukasi.

“Tapi kalau itu enggak mau ya kita ambil. Nah kalau penegak hukumnya kemudian berada pada barisan yang terdepan insyaallah akan nyaman, nah kita atur,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/183307578/soal-tambang-ilegal-di-klaten-ganjar-saya-tahu-bekingnya-gede-gede-di-sana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke