Salin Artikel

Kasus Mahasiswa Asal Palembang Dibunuh, Jasadnya Dibakar, Pelaku: Mau Jual Mobilnya

KOMPAS.com - Seorang pemuda asal Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Haidar (21), tega membunuh mahasiswa asal Palembang, Febri Setiawan (20).

Setelah itu, pelaku membakar jasad korban untuk menghilangkan jejak. Di hadapan polisi, pelaku mengaku ingin memiliki mobil Honda Brio milik korban. 

"Mobilnya mau saya jual dan uangnya untuk nonton orgen tunggal di Selapan Kabupaten OKI," kata pelaku saat gelar perkara di Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis (24/11/2022).

Terduga pelaku ditangkap pada 23 November 2022. Polisi terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas di bagian kaki.

Di hadapan polisi, pelaku mengaku saat itu akan menjual mobil Honda Brio warna kuning dengan nomor polisi BG 1905 BR milik korban.

"Unit opsnal Polsek Belitang 3 berkoordinasi dengan opsnal Sat Reskrim dan Sat intel Polres OKU Timur menangkap pelaku di OKUT," ujar Kasi Humas Polres OKU Timur Iptu Edi Arianto, Kamis (24/11/2022).

Jasad dibakar, jenazah dibawa pakai mobil

Kapolres OKU Timur AKBP Nuryono menjelaskan, kasus itu terungkap setelah polisi menerima laporan orang hilang.

Korban dilaporkan tak pulang ke rumah sejak Senin (21/11/2022). Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menemukan dugaan tindak pidana pembunuhan.

Setelah itu, polisi menemukan bukti yang mengarah ke pelaku. Korban dilaporkan terlihat terakhir bersama dengan pelaku.

Pelaku pun mengaku membunuh korban dengan pisau di Tanjung Senai, Kabupaten Ogan Ilir.

Lalu, pelaku mengaku bingung untuk menghilangkan jejak pembunuhan. Jasad korban disiram pertalite yang telah disiapkan pelaku.

"Setelah jenazah dibawa pakai mobil, akhirnya tersangka memutuskan untuk membakarnya di OKU Timur," ujar Kapolres.

"Untuk pasal yang kita kenakan pasal 340 KUHP, 338 KUHP, 365 KUHP untuk ancaman hukuman maksimal hukuman mati," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jasad korban awalnya ditemukan seorang warga di OKU Timur, tepatnya di pinggir jalan Desa Girimulyo, Kecamatan Belitang Jaya,

Saat itu, saksi meihat ada mayat manusia dengan kondisi terbakar.

“Kades lalu menghubungi kami sehingga dilakukan evakuasi,” kata Kapolsek Belitang III, Ipda Jhoni Albert, Kamis (24/11/2022).

Usai dilakukan penyelidikan lebih lanjut, korban diketahui warga Desa Sari Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Muba, dan merupakan mahasiswa PTS di Palembang,” ujarnya.

(Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul: Mahasiswa di Palembang Dibunuh Rekannya, Jasad Dimasukkan Bagasi Lalu Dibakar, Motif Tak Terduga

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/180000278/kasus-mahasiswa-asal-palembang-dibunuh-jasadnya-dibakar-pelaku--mau-jual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke