Salin Artikel

2 Unit Mobil Patwal Bekas G20 Bali Diuji Coba di Solo

SOLO, KOMPAS.com - Dua unit mobil pengawalan (patwal) bekas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu itu, terparkir di Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo.

Kepala Polresta (Kapolresta) Solo, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Iwan Saktiadi, mengatakan, kedua mobil itu alokasi langsung dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Sementara mobil dari Korlantas setelah kegiatan G20 kemarin, salah satu yang dapat alokasi adalah Polresta tapi secara eksisting (keberadaan) kita belum bisa gunakan," kata Iwan Saktiadi, saat dikonfirmasi, pada Senin (28/11/2022).

Saat ini, mobil tersebut masih diuji coba untuk memastikan kondisi mobil, terutama kondisi mesin dan soal jarak tempuh.

"Memastikan kondisi mobilnya, kita harus ngukur ini dengan baterai full itu kalau rute datar berapa, kalau rute naik turun berapa dengan baterai full. Kalau kecepatan rata-rata berapa, kecepatan tinggi berapa, ini masih kita uji coba," kata dia.

Polresta Solo saat ini telah mempersiapkan sejumlah personel untuk pengemudi kendaraan listrik tersebut. Sebab, menurut Iwan, pengemudi mobil patwal harus terlatih.  

"Nah, untuk mengukur itu, kami siapkan yang sudah terlatih membawa mobil listrik karena kaitannya mobil listrik ini kan maintenance-nya, kemudian nanti kami siapkan dulu," kata dia.

Pertimbangan inilah yang membuat penggunaan mobil patwal itu perlu waktu untuk bisa dioperasikan secara penuh.

Selain itu, ada persoalan ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Solo, yang masih minim.

"Sementara kami belum berani gunakan untuk wall, kita masih uji coba, untuk mengetahui spesifikasinya karena kan baru dua tempat chargernya (SPKLU), tapi bakal penambahan lagi di Hotel Alila, charge untuk pengunjung juga buat persiapan KTT ASEAN di Solo," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, mobil patwal dipergunakan dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Aan menuturkan, rombongan berangkat dari Korlantas Polri pada Senin (31/10/2022).

Sebanyak 80 mobil patwal, yang terdiri dari kendaraan listrik dan fosil, diberangkatkan menuju Bali.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/164932578/2-unit-mobil-patwal-bekas-g20-bali-diuji-coba-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke