Salin Artikel

Kisah Pilu Warga Purworejo yang Batal Dapat Bantuan RTHL, Utang ke Tetangga hingga Mengungsi ke Rumah Saudara

Hal itu dialami oleh Suparman (52) warga Desa Langenrejo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo ini. Suparman mengaku telah membongkar rumahnya yang direncanakan akan mendapatkan bantuan RTLH tahun 2022.

Namun, setelah rumahnya dibongkar, ia dikagetkan dengan surat pembatalan pencairan dana bantuan RTLH tahun 2022. Akibatnya saat ini suparman dan keluarganya harus mengungsi ditempat saudara mereka.

"Sudah kita Bongkar satu bulan yang lalu, sekarang mengungsi di rumah adik saya," kata Suparman disela-sela aksi demonstrasi di Kantor Bupati Purworejo pada Senin (28/11/2022).

Suparman menyebut, pembongkaran rumah miliknya tersebut dilakukan setelah adanya perintah untuk melaksanakan progam dari Dinas Perkimtan Kabupaten Purworejo melalui pesan WhatsApp.

Namun, belakangan diketahui progam untuk 398 penerima, yang menelan anggaran senilai Rp 5.970.000.000 tersebut batal terealisasi.

Malangnya, Suparman membongkar rumah dan merenovasi nya menggunakan dana utang dari tetangganya. Dengan tidak cairnya bantuan RTLH tersebut saat ini rumah yang sudah dibongkar urung dilanjutkan.

"Dananya ya ngutang, ngutang sama tetangga. Kita berharap tetap bisa dicairkan tahun ini juga," kata dia.

"Bahkan ada beberapa calon penerima yang tak buatkan (tempat berteduh) hanya pakai terpal, karena itu rumah satu-satunya yang dibongkar," kata Juminatun saat ditemui usai aksi demonstrasi menuntut Bupati Purworejo segera menyelesaikan persoalan ini.

Juminatun mengaku kecewa terhadap Bupati Purworejo Agus Bastian yang dalam aksi kali ini tidak bisa menemui para peserta aksi. 

Aksi tersebut diikuti oleh perangkat dan kepala desa yang tergabung dalam organisasi Polosoro (paguyuban kepala desa Purworejo), PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan forum BPD se Purworejo serta masyarakat calon penerima bantuan RTLH.

"Hari ini kita kecewa karena pak bupati tidak mau menemui, kita jauh-jauh hari sebenarnya sudah pengen ketemu dengan bupati, ternyata pak bupati belum bisa menemui mungkin ada kegiatan lain, tapi seharusnya sebagai pimpinan di Kabupaten Purworejo ini paling tidak peka lah terhadap masyarakat," keluh Kades berumur 50 tahun ini.

Gagalnya bertemu Bupati Purworejo Agus Bastian menyebabkan ribuan kades, perangkat desa dan warga akan kembali menggelar aksi yang sama besok pada Selasa (29/11/2022) siang.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/163345678/kisah-pilu-warga-purworejo-yang-batal-dapat-bantuan-rthl-utang-ke-tetangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke