Salin Artikel

Antisipasi Penyebaran Penyakit di Rutan Solo, Ratusan Narapidana Jalani Tes Kesehatan

Langkah ini diambil sebagai bentuk upaya menjamin kesehatan setiap WBP, yang dikumpulkan di Aula Rutan Kelas 1 Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/11/2022).

Ratusan narapidana ini juga mendapat penyuluhan pencegahan HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo. Kemudian dilanjutkan pengambilan sampel darahnya untuk mendeteksi apakah terjangkit virus HIV/AIDS atau tidak.

"Jumlah WBP yang menjalani tes VCT sebanyak 250 orang. Mereka berasal dari Blok C Rutan Solo," kata Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Kelas I Solo, Irfan Fakhrudin, Jumat (25/11/2022).

Lanjut Irfan, kegiatan sebagai rentetan acara peringatan Hari AIDS Sedunia setiap 1 Desember 2022, mendatang.

"Kegiatan tes VCT rutin digelar setiap tahun di Rutan Solo. Jika ada warga binaan yang positif terpapar HIV/AIDS, kami bakal berkoordinasi dengan instansi terkait. Pengidap HIV/AIDS harus menjalani terapi pengobatan sehingga harus dipantau setiap hari," jelasnya.

Tes VCT juga memiliki tingkat keakuratan tinggi guna mengetahui status kesehatan apakah terpapar virus atau tidak. Selain VCT, ada tes lain yang dijalani para warga binaan, seperti sifilis dan hepatitis.

"Metodenya seperti tes kehamilan. Jadi tes cepat, bisa diketahui dalam hitungan menit. Sedangkan, petugas medis yang dilibatkan dari Puskesmas Setabelan, Gajahan, dan Kratonan," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/11/25/160733478/antisipasi-penyebaran-penyakit-di-rutan-solo-ratusan-narapidana-jalani-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke