Salin Artikel

Salah Satu Pelaku Kenal dengan Korban yang Tewas Ditembak di Jambi

KOMPAS.com, JAMBI - Kepolisian Resor Batanghari sudah menangkap dua pelaku penembakkan Suku Anak Dalam. Salah satu pelaku ternyata mengenal korban tewas.

"Kenal. Tapi tidak tahu malam itu. Saya turut berduka cita," kata pelaku bernama Abdurahman saat konferensi pers, Selasa (22/11/2022).

Kapolres Batangkari AKBP Bambang Purwanto mengatakan, pelaku yang ditangkap bernama Abdurahman (40) dan Makmur (53). Keduanya ditangkap di Desa Padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari.

"Kedua pelaku bekerja sebagai petugas keamanan di PT APL, Jambi," ungkap Bambang pada Selasa (22/11/2022).

Orang Rimba dan PT APL punya kisah konflik lahan selama bertahun-tahun. Namun, saat ditanya apakah ada keterlibatan perusahaan PT APL, Bambang mengatakan belum ada bukti mengarah ke sana.

"Saat kejadian, keduanya sedang patroli," kata Bambang.

Kejadian pada Jumat (18/11/2022) malam itu bermula saat keduanya mendengar ada ribut-ribut dan mengira ada pencuri buah.

Abdurahman kemudian menembakkan kecepek dalam kegelapan, lalu mengenai Amin Melemper (35) yang merupakan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba.

Amin kemudian dilarikan dua rekannya yang lain ke Puskesmas Sungai Rengas. Namun sesampainya di Puskesmas, nyawa Amin sudah tidak tertolong.

"Motif penembakannya penganan saat berpatroli. Ada ribut-ribut langsung ditembak. Tidak ada keributan. Spontanitas," kata Bambang.

Pelaku dikenai pasal 338 dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun.

Kronologi kejadian

Peristiwa penembakan terjadi di perbatasan antara PT APL dengan jalan batu bara Desa Padang Kelapo, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari.

Malam itu, korban Amin Melemper bersama rekannya, Subur dan Becayo, mengendarai motor dari Desa Padang Kelapo menuju balai adat.

Ketiganya berhenti karena ada sinar senter menyorot ke kendaraannya, tetapi tiba-tiba ada ledakan kecepek yang mengenai Amin.

“Rekannya bernama Subur dan Becayo melihat korban langsung roboh ke tanah dan membawa Amin ke Puskesmas Sungai Rengas,” kata Kapolsek Maro Sebo Ulu Iptu P Sagala.

Setelah diperiksa Amin dinyatakan meninggal dunia. Tembakan menyobek dada bagian tengah dan kiri dan paha sebelah kiri.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/22/161543678/salah-satu-pelaku-kenal-dengan-korban-yang-tewas-ditembak-di-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke