Salin Artikel

Menteri Basuki Temukan 5 Mayat Saat Buka Jalan Tertutup Longsor akibat Gempa Cianjur

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya menemukan 5 mayat saat membuka jalan nasional yang tertutup longsor akibat gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022).

"Sekarang sudah terbuka ada dua lokasi yang kena longsoran, masing-masng 100 meter dn 40 meter. Banyak sekali eksavator yang besar-besar digunakan. Ini jalan nasional yang sudah kami buka. Kami menemukan 5 mayat," kata Basuki dilansir Kompas.com seusai membuka seminar internasional Climate Change, Reslience, dan Disaster Management for Roads di Hotel Marriot, Sleman, DIY, Selasa (22/11/2022).

Basuki mengatakan, ia sudah meninjau lokasi terdampak gempa pada Senin malam pukul 22.00 WIB.

Lalu pagi tadi ia menerima informasi bahwa Presiden Joko Widodo akan mengunjung lokasi bencana.

Bantuan korban gempa

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan memberikan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang rumahnya rusak, baik berat, sedang hingga ringan.

Rinciannya, korban rumah rusak berat akan mendapat bantuan Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan Rp 10 juta.

Jokowi mengatakan, warga rumahnya rusak berat akan dibangunkan hunian baru dengan standar bangunan tahan gempa.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana sudah menyiapkan dana Rp 1,5 miliar serta bantuan logistik senilai Rp 500 juta untuk mempercepat penanganan dampak bencana gempa Cianjur.

Selain itu, BNPB juga sudah menyiapkan 1 unit helikopter untuk membantu proses penanganan.

"Untuk desa terisolir, selain membuka jalan dari darat, juga disiapkan satu heli untuk distribusi logistik," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor: Khairina, David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2022/11/22/152317378/menteri-basuki-temukan-5-mayat-saat-buka-jalan-tertutup-longsor-akibat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke