Salin Artikel

Geledah KM Gunung Dempo, BBKSDA Gagalkan Penyelundupan Puluhan Satwa Endemik Papua

BBKSDA Papua Barat menerima laporan dugaan penyelundupan satwa endemik asal Papua itu dari pegiat konservasi. Petugas BBKSDA dan petugas Karantina Kelas I Sorong melakukan penggeledahan di KM Gunung Dempo.

Petugas memeriksa sejumlah ruangan kapal dan mendapatkan puluhan burung yang tersimpan di dek tiga. Burung-burung itu terbungkus dalam kardus.

Petugas lalu membawa satwa dilindungi itu turun ke dermaga untuk dilakukan identifikasi di Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong.

Kepala Balai Besar Konservasi Dan Sumber Daya Alam Papua Barat Joni Santoso mengatakan, ada 22 jenis burung satwa dilindungi yang dievakuasi dari atas kapal.

"Satwa yang berhasil kita amankan yaitu burung mambruk sepuluh ekor, kasturi kepala hitam enam ekor, bayan merah satu ekor, kasuari lima ekor, mati satu jadi sisa empat ekor, puluhan satwa ini akan melalui proses karantina dan perawatan akan dilepasliarkan ke habitat asal," ujar Joni di Sorong, Senin (21/11/2022).

BBKSDA Papua Barat telah mengantongi ciri-ciri pelaku yang melarikan diri saat petugas menggeledah KM Gunung Dempo.

Sementara itu Kepala Stasiun Karantina Kelas I Sorong I Wayan menyampaikan, proses penyelidikan masih berjalan untuk menangkap pelaku dugaan penyelundupan satwa itu.

Wayan berharap pemerintah daerah memperhatikan satwa dilindungi ini sehingga tak diburu dan diperdagangkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/21/174832478/geledah-km-gunung-dempo-bbksda-gagalkan-penyelundupan-puluhan-satwa-endemik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke