Salin Artikel

Warga Palang Jalan Trans Papua, Kapolres Manokwari: Penambangan Rakyat Silakan, yang Dilarang Penambangan Ilegal

MANOKWARI, KOMPAS.com - Jalan Trans Papua Barat yang menghubungkan antara kabupaten Manokwari, Tambrauw, dan Sorong sempat dipalang warga pada Sabtu (19/11/2022) siang.

Pemalangan jalan ini merupakan protes warga yang tidak terima adanya operasi penambangan emas ilegal.

Sebelumnya, puluhan anggota polisi yang terdiri dari Sabhara dan Brimob dikerahkan ke lokasi penambangan ilegal pada Jumat (18/11/2022).

Pengerahan personel polisi dipimpin langsung Kapolres AKBP. Parisian Herman Gultom.

"Iya benar, kami masih di lokasi" kata Herman dikonfirmasi Sabtu (19/11/2022).

"Kita hadir di sini melaksanakan tugas untuk melakukan penegakan hukum, terkait dengan penambangan ilegal, bukan penambangan rakyat. Jadi jika yang akan melakukan pertambangan rakyat dan dikelola sendiri kami persilakan," sambung dia.

Hendra menyebut bahwa pihaknya menyasar para pengusaha yang berlindung di balik hak ulayat dan melakukan penambangan secara ilegal.

"Pengusaha harus tahu kewajiban dan peraturan, dengan pemilik hak ulayat itu merupakan hal tersendiri. dan jika, pemilik hak ulayat melakukan aktivitas dengan menggunakan alat akan kita pisahkan. Selain itu, kita akan lakukan penertiban dan penegakan hukum," tegasnya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih berada di lokasi untuk melakukan penertiban.

"Hari ini selesai ataupun besok, tentunya kita akan meninggalkan tempat ini dan kita akan duduk bersama untuk membicarakan apa yang disampaikan oleh Pak Ketua LMA," ucapnya.

Meski pemalangan tersebut sempat menyebabkan macet selama beberapa jam, pihak kepolisian akhirnya berhasil membuka palang pada pukul 14.30 WIT.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat LMA Distrik Masni, Soleman mempertanyakan alasan polisi melakukan penertiban dan penutupan aktivitas dan lokasi tambang Waserawi.

"Sebagai masyarakat awam tidak tahu tentang aturan-aturan tersebut, jadi tolong Pak Kapolres jelaskan tentang maksud dihentikannya pertambangan rakyat tersebut, karena rakyat hidup sudah bergantung dengan adanya tambang emas ini," kata Soleman

"Mau tutup tambang ini lalu kami masyarakat mau cari makan di mana?" ucapnya.

Soleman Manseni menyebut bahwa tambang emas tersebut selama ini memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup Masyarakat lokal

"Kita bisa menyekolahkan anak - anak kita keluar daerah serta bisa membangun rumah yang layak dan banyak dampak positif lainnya kita rasakan dengan adanya tambang tersebut," katanya.

Hingga saat ini personel kepolisian masih berada di lokasi penambangan emas ilegal di kawasan Waserawi Distrik Masni Kabupaten Manokwari.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/19/182748078/warga-palang-jalan-trans-papua-kapolres-manokwari-penambangan-rakyat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke