Salin Artikel

Pimpinan Ponpes Cipasung Tasikmalaya KH Abun Bunyamin Ruhiat Meninggal

KOMPAS.com - Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya KH Abun Bunyamin Ruhiat meninggal di RS TMC Kota Tasikmalaya, Sabtu (19/11/2022) pukul 10.12 WIB.

Rais Syuriah PBNU itu meninggal dalam usia 73 tahun.

Kabar duka itu disampaikan salah satu keluarga besarnya, Haryadi Ahmad Satari kepada Kompas.com via panggilan telepon WhatsApp, Sabtu.

"Beliau wafat pukul 10.12 WIB di RS TMC. Dirawat di RS TMC seminggu," ujar Haryadi.

Haryadi mengatakan, jenazah almarhum akan dimakamkan hari ini. Namun sebelumnya, jenazah almarhum akan disemayamkan di Ponpes Cipasung.

"Proses pemakaman hari ini. Tapi kami menunggu dahulu keluarga dan santrinya. Karena ribuan santri ingin datang dan menyolatkan beliau," ujarnya.

Haryadi mengatakan, sebelum meninggal KH Abun menyampaikan wasiat terakhir untuk para santrinya. Almarhum meminta para mengaji sebuah kitab yang katanya itu bermanfaat di masa depan.

"Sementara untuk keluarga dan alumninya diminta lebih konsisten dan istikomah membina umat. Walaupun misalnya santri cuma satu orang, harus tetap konsisten untuk mengajar. Jangan melihat jumlah," kata Haryadi.

Menurut Haryadi, almarhum semasa hidupnya selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mencintai Indonesia karena negara ini adalah warisan pahlawan dan ulama.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/19/115206278/pimpinan-ponpes-cipasung-tasikmalaya-kh-abun-bunyamin-ruhiat-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke