Salin Artikel

Mendag Zulhas Siap Promosikan Jamu Herbal Sukoharjo Kuasai Pasar Dunia

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengunjungi pabrik produksi jamu Sabdo Palon di Dusun I Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (18/11/2022) sore.

Zulhas mengatakan, kunjungannya tersebut guna mendukung pengusaha berbasis herbal agar penjualannya tidak hanya menguasai pasal lokal, tetapi juga bisa menyerbu pasar dunia.

"Kemendag punya 40 perwakilan negara di dunia. Oleh karena itu nanti salah satu produk Sabdo Palon ini kita akan kita titipkan, promosikan ke berbagai negara yang kita punya ITPC atau perwakilan dagang itu agar produk kita ini bisa ekspor dan menguasai pasar dunia itu," kata Zulhas di Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat.

Zulhas menambahkan, produk herbal sekarang digandrungi pasar dunia. Sehingga peluang ini dimanfaatkan Indonesia untuk mengambil pasar dunia untuk perdagangan produk herbal.

Oleh karena itu, ungkap Zulhas, Kemendag akan mendukung secara penuh produk yang dihasilkan oleh Sabdo Palon.

"Dan dunia ini memang suka herbal. Kembali ke natural, alam, digemari. Nah peluang itu kita manfaatkan sebaik-baiknya," ungkap dia.

Zulhas juga menyampaikan bahwa kunjungannya ke pabrik jamu herbal Sabdo Palon tersebut sekaligus sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam membantu pengusaha muda atau UMKM.

Meski demikian, kerja sama dan kolaborasi penting dilakukan agar produknya dapat menguasai pasar dunia.

"Dan itu memang kuncinya ada di kolaborasi atau kerja sama. Ini teman-teman di sini Sabdo Palon tidak mungkin kita biarkan sendiri harus ada kerja sama dari duta besar. Teman-teman di sini memproduksi agar kualitasnya bagus. Pemerintah daerah membantu. Kita promosi di luar negerinya, perbankan membantu agar pendanaannya cukup, jadi memang harus ada kerja sama barulah kita menguasai pasar dunia itu," kata Zulhas.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/210310778/mendag-zulhas-siap-promosikan-jamu-herbal-sukoharjo-kuasai-pasar-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke