Salin Artikel

Tawarkan Ratusan Menu, Kuliner di Aloon-Aloon Masjid Kauman Jadi Bidikan Masyarakat Kota Semarang

Tak hanya kafe dan restoran, Kota Lumpia juga punya destinasi layaknya festival makanan yang buka tiap Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Destinasi wisata baru ini bertempat di Aloon-Aloon Masjid Kauman Semarang.

Anak-anak tampak berlarian merebut bola, saling menyeru di tengah tanah yang lapang sore itu.

Menjelang malam, muda-mudi, orang tua, hingga lansia mulai berdatangan, hilir mudik memadati puluhan stan kuliner yang mengelilingi Aloon-Aloon Masjid Kauman.

Stan-stan kuliner itu menyajikan beragam makanan berat hingga ringan. Di antaranya, nasi ayam, kerak telur, sate kambing, baby crabs, leker jumbo, sate kere, toppoki, churros, crepes, dan masih banyak lainnya.

Salah satu pengunjung, Aliyyah, menuturkan, pilihan menu kuliner di Aloon-Aloon Masjid Kauman sangat beragam dan cukup menggiurkan.

Dirinya mengaku, memang sengaja datang ke sini untuk berburu makanan yang berasa manis, sekaligus menikmati suasana sore.

"Sejak jam 4 sore saya ke sini. Tadi sudah beli es teler, pancake, schotel, bolu, roti-rotian yang manis pokoknya. Beli keong juga untuk mainan anak. Yang penting anak senang," jelas Aliyyah kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, Aliyyah juga mengatakan, harga makanan yang ditawarkan di Aloon-Aloon Masjid Kauman cukup relatif. Tidak terlalu mahal, namun juga tidak murah.

Untuk makanan ringan dan berat berkisar dari harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000 an. Sedangkan minuman, berkisar antara Rp 5000 hingga puluhan ribu.

"Harganya relatif. Kalau beli harga yang agak mahalan, rasanya sesuai. Kalau yang murah, ya seperti itu. Ada harga, ada rasa," tutur dia.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Meira Nathania, mengaku, sangat senang bisa berkunjung ke kuliner Aloon-Aloon Masjid Kauman.

Dirinya menyebut, terdapat beberapa makanan ala luar negeri yang patut dicoba, seperti, korean food atau es krim Singapura.

"Bingung milihnya, karena banyak banget soalnya. Tapi tadi sudah beli beberapa makanan. Lumayan, enak-enak rasanya," tutur dia.

Salah satu penjual, Oktaviana, menuturkan, kepadatan pengunjung kuliner di Aloon-Aloon Masjid Kauman Semarang ini juga dipengaruhi oleh cuaca yang terjadi.

"Kalau hujan, bisa habis terjual setengah saja. Kalau tidak hujan, bisa habis terjual 200 porsi. Kalau kita bahan churros, biasanya habis 15 kilogram," tutur Viana.

Meski demikian, dirinya menyebut, selalu dibanjiri pengunjung setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu untuk menjajali hasil adonan churros miliknya.

"Iya pasti ramai terus. Ya tapi itu tantangannya hujan," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/204754278/tawarkan-ratusan-menu-kuliner-di-aloon-aloon-masjid-kauman-jadi-bidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke