Salin Artikel

Kedatangan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo Disambut Meriah Warga

MERAUKE, KOMPAS.com - Warga Merauke menyambut meriah kedatangan Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo di Bandar Udara Mopah, Merauke, Jumat (18/11/2022).

Warga menyambut Apolo dengan tari-tarian dari berbagai etnis nusantara. Selain itu, warga juga mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis budaya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengapresiasi penyambutan kedatangan penjabat gubernur Papua Selatan oleh warga.

“Respons masyarakat sangat baik, terutama untuk menyambut Provinsi Papua Selatan dan menyambut kedatangan penjabat gubernur. Esensi acaranya kita syukuran, inti dari acara hari ini adalah kita mengucap syukur kepada Tuhan," terang Romanus Mbaraka di Bandar Udara Mopah Merauke.

Apolo Safanpo beserta istri juga disambut oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Bupati Asmat Elisa Kambu dan Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar. Sesaat setelah tiba di Merauke, Apolo Safanpo dikalungi bunga dan dipakaikan noken serta dimahkotai.

Apolo beserta rombongan langsung diarak berjalan kaki menuju Taman Patung Hati Kudus Yesus bersama warga Merauke dengan pengamanan ketat TNI dan Polri.

Dalam sambutannya di hadapan para tokoh adat, tokoh agama, dan warga, Apolo Safanpo meminta warga Papua Selatan untuk mendukung penuh berjalannya provinsi yang masih baru terbentuk itu.

“Mari kita semua sambut kehadiran provinsi baru dengan penuh suka cita, dan mari kita saling mendukung mempersiapkan anak-anak Papua Selatan untuk bangkit menyongsong masa depan meraih cita-cita dan mencapai masyarakat Papua Selatan yang adil makmur dan sejahtera," kata Apolo Safanpo dalam sambutannya.

Apolo Safanpo merupakan putra asli Asmat, Papua Selatan. Sebelumnya, ia telah dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Selatan oleh Mendagri Tito Karnavian pada 11 November 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/134946278/kedatangan-pj-gubernur-papua-selatan-apolo-safanpo-disambut-meriah-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke