Salin Artikel

15 Rumah di Pulau Doom Sorong Hangus Terbakar, Petugas Sempat Kesulitan Padamkan Api

SORONG, KOMPAS.com - Sebanyak 15 rumah petak di Jalan Macan Tutul, Kelurahan Doom Timur, Kota Sorong, Papua Barat, hangus terbakar, Rabu (16/11/2022) pagi.

"Awalnya itu api mulai muncul dari salah satu rumah. Asap hitam sudah terlihat tebal. Kemudian saya berteriak panggil tetangga lain untuk membantu padamkan api," kata Ardi, salah satu warga.

Menurut Ardi, api semakin membesar karena tiupan angin yang begitu kencang. Kobaran api menyebar ke sejumlah rumah sekitar tempat kejadian.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sorong Kepulauan, Iptu Abdul Kadir mengatakan, kejadian kebakaran itu terjadi sekitar pukul 05.25 WIT. Berdasarkan data yang diterima, ada 15 petak rumah yang hangus terbakar.

"Kejadian kebakaran itu diduga akibat arus pendek dari salah satu rumah warga, yang jelas sumbernya kita masih mendalami dulu. Sementara belasan korban kebakaran sudah diamankan di posko pengungsian gedung serbaguna," ujar Abdul saat dihubungi.

Abdul menjelaskan, kebakaran yang melanda permukiman warga itu diketahui saat polisi sedang melakukan patroli. Saat itu, personel yang bertugas mendapat kabar ada kebakaran dan langsung mendatangi lokasi untuk membantu warga.

"Kami sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan api karena tidak ada kendaraan pengangkut air di sekitar lokasi Pulau Doom. lebih dari 4 jam api baru dipadamkan setelah kapal patroli Polairud dibantu sejumlah kapal yang berada di Perairan Sorong ikut membantu menarik air dengan mesin pompa air dari air laut untuk memadamkan api," ungkapnya.

Setelah api berhasil dipadamkan, Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen bersama Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga melihat kondisi rumah yang terbakar dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/153016778/15-rumah-di-pulau-doom-sorong-hangus-terbakar-petugas-sempat-kesulitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke