Salin Artikel

Jokowi Berencana Kembali ke Solo Setelah Lengser, Begini Respons Gibran

Diketahui, rumah pribadi Jokowi berada di Jalan Kutai Utara RT 008, RW 007, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

"Ya, pulanglah (ke Solo). Paling ya di Sumber. Omahe (rumahnya) di Sumber," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/11/2022).

Namun begitu, Gibran tidak tahu jika Jokowi akan menjadi pegiat lingkungan hidup setelah tak lagi menjadi presiden. Menurut dia tidak ada pembicaraan mengenai hal tersebut.

Gibran justru meminta media untuk menanyakan hal itu langsung kepada Jokowi.

"Saya tidak tahu. Ya, tanya beliau (Presiden Jokowi) dong. Belum, enggak ada ya (pembicaraan)," ungkap suami Selvi Ananda.

Mengenai domisili Jokowi yangsaat ini masih di Jakarta, Gibran justru malah akan meminta Jokowi kembali lagi ke Jakarta jika pulang ke Solo.

Lebih jauh, Gibran menegaskan belum mengetahui secara detail mengenai kepulangan Jokowi ke Solo setelah masa jabatannya berakhir di 2024.

"Saya belum tahu rencana detailnya seperti apa," terang ayah Jan Ethes Srinarendra.

Diberitakan Kompas.com pada 14 November 2024, Presiden Jokowi akan kembali ke Solo sebagai warga biasa setelah masa jabatannya berakhir pada 2024.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo, sebagai rakyat biasa," kata Jokowi dalam wawancara bersama The Economist, dikutip dari tayangan YouTube The Economist.

Jokowi menyampaikan, setelah lengser, ia akan aktif di sektor lingkungan hidup dan menjadi bagian dari Indonesia yang lebih hijau.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga berbicara soal sistem meritokrasi yang bisa menjadi warisan di ujung masa jabatannya. Ia berharap, ada perubahan pola pikir dan cara kerja supaya Indonesia dapat menjadi negara maju.

"Dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru, saya meyakini dengan kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar, kita akan bisa melompat ke negara maju," kata dia.

Jokowi saat ini menjabat sebagai presiden untuk periode keduanya yang akan berakhir pada Oktober 2024.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/140450178/jokowi-berencana-kembali-ke-solo-setelah-lengser-begini-respons-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke