Salin Artikel

Kadisnakertrans: 3 Perusahaan di Banten Bukan Hengkang tapi Ekspansi

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Septo Kalnadi menyatakan, tiga perusahaan besar di daerahnya tidak hengkang. Namun hanya melakukan ekspansi bisnis ke Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut diungkapkan Septo setelah para pekerja di tiga perusahaan yakni PT KMK Global Sport di Cikupa, Kabupaten Tangerang, PT Nikomas Gemilang dan PT Parkland World Indonesia (PWI)  1 dan 2 di Cikande Kabupaten Serang resah.

"Saya nyatakan bahwa omongan itu tidak benar, dan kita berharap tiga perusahaan itu tetap bertahan di Banten," kata Septo kepada wartawan usai menerima audensi dengan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Banten dikantornya, Selasa (15/11/2022).

"Tidak hengkang, mereka hanya ekspansi bisnis dan dalam manajemen bisnis ada metode tertentu untuk mempertahankan jalannya usaha," sambung Septo.

Pemprov Banten, sambung Septo, terus berupaya untuk menciptakan hubungan industri yang baik antara pengusaha dan pekerja.

Selain itu, Septo juga berharap dengan banyaknya keran investasi ke Banten dapat membantu pengurangan angka pengangguran.

"Dan semoga ke depan investasi di Banten terutama bila dibukanya kawasan industri di Lebak itu banyak menyerap tenaga kerja terutama perusahan padat karya, alas kaki, garmen, sehingga membantu dalam hal kontribusinya pengurangan tingkat pengangguran," ujar Septo.

Septo memastikan, hingga kini ketiga  perusahaan belum ada rencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Sehingga, ia meminta kepada pekerja tak perlu khawatir dan tetap tenang.

"Tetap aman tidak ada (PHK), karena ada prosedur dan aturan PHK. Perusahan minta izin dulu ke dinas tenaga kerja setempat, dan kita berupaya tetap aman dikondisi saat ini," kata dia.

Sebelumnya, Septo menyebut PT Nikomas Gemilang akan hengkang ke daerah Pekalongan, PT KMK Global Sport pindah ke Salatiga dan Temanggung. Sedangkan PT PWI 1 dan PWI 2 pindah ke Pati.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/192909178/kadisnakertrans-3-perusahaan-di-banten-bukan-hengkang-tapi-ekspansi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke