Salin Artikel

Tekan Inflasi, Pemkot Malang Beri Subsidi Sembako ke Warga Kurang Mampu

Langkah itu dilakukan untuk menekan dampak inflasi.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi mengatakan kegiatan operasi pasar pertama kali digelar di Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru pada Selasa (15/11/2022).

Selanjutnya operasi serupa akan dilakukan di wilayah lainnya.

"Diskopindag yang mengadakan operasi pasar ini, pelaksanaannya mulai tanggal 15 November sampai 1 Desember 2022. Total ada 10 titik yang menjadi sasaran kami, di masing-masing kecamatan nanti ada dua titik," kata Eko pada Selasa (15/11/2022).

Eko menyampaikan, setiap operasi pasar akan didistribusikan paket sembako sebanyak 1.143 paket.

Untuk harga setiap sembako setelah disubsidi yang bisa dibeli oleh warga senilai Rp 125.000. Sedangkan, harga setiap sembako sebelum disubsidi senilai Rp 200.000.

"Subsidi yang diberikan oleh Pemkot Malang senilai Rp 75.000. Sehingga masyarakat dapat memperoleh setiap paket sembako senilai Rp 125.000," katanya. 

Eko menuturkan, sasaran utama operasi pasar tersebut kepada warga kurang mampu.

"Kita arahkan kepada warga kita yang membutuhkan. Nanti akan ditentukan, dan disebarkan kupon di setiap titik oleh Pak RW, Pak Lurah, Pak Camat yang lebih tahu kondisi masyarakatnya," katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan data BPS Kota Malang, pada bulan Oktober 2022 lalu untuk komoditi minyak goreng dan beras menjadi penyumbang inflasi.

Sehingga, dalam kegiatan operasi pasar tersebut untuk kedua komoditi itu menjadi kebutuhan pokok yang didistribusikan dengan harga subsidi.

"Operasi pasar bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat akibat adanya inflasi, bisa dijangkau oleh masyarakat. Ini adalah subsidi dari Pemkot Malang yang anggarannya menggunakan APBD Kota Malang," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/182456378/tekan-inflasi-pemkot-malang-beri-subsidi-sembako-ke-warga-kurang-mampu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke