Salin Artikel

Gempa M 5,2 Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Selasa (15/11/2022) sore.

Data yang diterima Kompas.com dari BMKG Stasiun Geofisika Ambon menyebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 16.03 WIT itu berlokasi di 6,28 Lintang Selatan dan 129,1 Bujur Timur atau berjarak 166 kilometer utara Tepa, Maluku Barat Daya dan 214 kilometer barat daya Banda, Maluku Tengah.

Adapun pusat gempa berada di laut Banda dengan kedalaman 214 kilometer di bawah permukaan laut.

Hingga kini, belum ada laporan mengenai ada atau tidaknya dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Meski begitu, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro yang dikonfirmasi Kompas.com menyebutkan gempa tersebut berpusat di laut Banda.

“Betul, pusat gempa berada di Laut Banda,” katanya via telepon, Selasa.

Menurut Djati, dari hasil analisis seismik, gempa tersebut dirasakan oleh warga di wilayah Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

“Kalau dari analisis seismik itu getaran gempa dirasakan warga di Amahai,” ujarnya.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam wilayah rawan gempa. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Lempeng Indo-Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/152828978/gempa-m-52-guncang-maluku-barat-daya-tak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke