Salin Artikel

Wisatawan AS Tewas Saat Menyelam di Perairan Flores Timur

Pria yang diketahui bernama Calen Dan (37) itu tewas saat melakukan perjalanan wisata bersama rekannya menggunakan KM Helena.

Kapten KM Helena Abdul Ajid (40) mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 Wita.

"Kejadian sekitar pukul 10.00 Wita. Saya tadi mau jemput mereka (wisatawan) hendak menuju ke Ende," ujar Abdul kepada wartawan di RSUD Herman Fernandez Larantuka.

Abdul menerangkan, peristiwa itu bermula ketika Caleb bersama rekannya menyelam untuk mencari ikan di perairan tersebut sekitar 08.00 Wita. Mereka turun menggunakan sekoci.

Saat naik ke permukaan, rekan korban menyadari bahwa Caleb masih berada di dasar laut. Setelah dilakukan pencarian, mereka menemukan korban.

Caleb lalu diangkat menuju kapal. Namun kondisinya sudah kritis.

"Mereka panah ikan. Lima menit naik, setelah itu turun untuk selam lagi. Banyak yang selam, sekitar delapan orang. Saat kejadian tidak ada hal aneh," katanya.

Penumpang kapal berusaha melakukan pertolongan seadanya, namun tidak membuahkan hasil. Kuat dugaan Caleb sudah meninggal sebelum dievakuasi.

"Dia sudah tidak ada napas. Kami sempat berusaha melakukan pertolongan," ujarnya.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Flores Timur, Ipda Anwar Sanusi mengatakan, hingga kini aparat sedang melakukan penyelidikan terkait tenggelamnya wisatawan tersebut.

"Saya belum dapat detail data lengkapnya. Hanya kejadian ada WNA yang meninggal. Tim Polres masih di lapangan," ujar Sanusi saat dihubungi.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/182235378/wisatawan-as-tewas-saat-menyelam-di-perairan-flores-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke