Salin Artikel

UPDATE Kondisi Banjir di Tol Jakarta-Tangerang Senin Sore: GT Bitung Ditutup

Ada dua titik lokasi yang ditutup karena masih tergenang banjir hingga pukul 15.00 Wib, yaitu akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses masuk Bitung menuju Cikupa.

Sementara pada akses lainnya, yakni akses keluar Bitung dari arah Cikupa dan akses masuk Bitung arah Jakarta sudah beroperasi normal.

"Ditutup demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan karena pada lokasi tersebut masih terdapat genangan dan belum dapat dilintasi kendaraan," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti kepada Kompas.com melalui pesan tertulis, Senin sore.

Penyebab banjir

Ira mengatakan, genangan terjadi di Simpang Susun (SS) Bitung terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Minggu (13/11/2022).

Tingginya debit air Sungai Kali Manis juga menyebabkan limpasan dan memasuki badan jalan tol.

Ira mengatakan, hingga kini pihaknya terus melakukan penanganan banjir di SS Bitung dengan memfungsikan lima pompa dan dua unit mobile pompa tambahan untuk menyedot banjir di lokasi.

Penutupan dilakukan selama proses penyedotan.

Langkah antisipasi juga disiapkan agar banjir tidak terulang.

Caranya dengan normalisasi waduk untuk menambah kapasitas tampungan air, meninggikan tanggul, serta meningkatkan kapasitas gorong-gorong agar limpasan air tidak masuk ke jalan tol. (Penulis : Kontributor Banten, Acep Nazmudin|Editor : Reni Susanti)

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/164934278/update-kondisi-banjir-di-tol-jakarta-tangerang-senin-sore-gt-bitung-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke