Salin Artikel

Tol Bitung Banjir, Akses Keluar Bitung dari Jakarta Ditutup

TANGERANG, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Tangerang menyebabkan ditutupnya Gerbang Tol (GT) Bitung Km 26. Situasi terkini, hingga Senin (14/11/222) pukul 15.00 WIB, banjir masih menggenangi GT Bitung.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan, penutupan dilakukan di akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses masuk Bitung menuju Cikupa.

"Ditutup demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan, karena pada lokasi tersebut masih terdapat genangan dan belum dapat dilintasi kendaraan," kata Ira kepada Kompas.com melalui pesan tertulis, Senin sore.

Lokasi yang ditutup, sambung Ira, hanya di dua titik yang masih terdapat genangan. Sementara pada akses lainnya, yakni akses keluar Bitung dari arah Cikupa dan akses masuk Bitung arah Jakarta sudah beroperasi normal.

Ira mengatakan, genangan terjadi di Simpang Susun Bitung terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Minggu (13/11/2022) kemarin.

Selain itu, tingginya debit air Sungai Kali Manis menyebabkan limpasan dan memasuki badan jalan tol.

Ira mengatakan, hingga kini pihaknya terus melakukan penanganan banjir di SS bitung.

"Kita memfungsikan lima pompa dan dua unit mobile pompa tambahan untuk menyedot banjir di lokasi," kata Ira.

Selama proses penyedotan tersebut, dilakukan penutupan sementara diakses masuk dan keluar Bitung Km 26.

Tak hanyaa itu, langkah antisipasi disiapkan agar banjir tidak terulang. Caranya dengan normalisasi waduk untuk menambah kapasitas tampungan air.

Kemudian akan dilakukan peninggian tanggul dan meningkatkan kapasitas gorong-gorong agar limpasan air tidak masuk ke jalan tol.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/160704578/tol-bitung-banjir-akses-keluar-bitung-dari-jakarta-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke