Salin Artikel

KTT G20, Polisi di Lombok Barat Sisir Jalur Tikus menuju Bali

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyisir jalur tikus penyeberangan laut dalam rangka peningkatan keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Antisipasi pada jalur tikus atau penyeberangan-penyeberang kecil yang ada di wilayah hukum Polsek Sekotong,” ungkap Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta melalui sambungan telepon, Senin (14/11/2022).

Adapun lokasi yang ditengarai sebagai jalur tikus yakni di Pelabuhan Tawun, Dusun Tawun dan Pesisir Pantai Geresak di Dusun Medang.

Kemudian, Pesisir Pantai Tanjung Kelor di Dusun Gunung Ketapang, Pesisir Pantai Dusun Batu Kijuk, Pesisir Pantai Dusun Batu Leong dan Pantai Gua Landak di Dusun Medang, Desa Sekotong Barat.

Selain itu, polisi juga menyisir Pelabuhan Tembowong di Dusun Kayu Putih, Desa Pelangan, Pelabuhan Marina Del Rai di Dusun Tanjungan, Pesisir Pantai Dusun Gedang Siang, dan Bounty Gili Rengit di Desa Gili Gede Indah.

"Terakhir yang ditengarai sebagai jalur tikus yakni di Pelabuhan Bangko Dusun Labuan Poh, Desa Batu Putih," kata Kadek.

Kadek mengatakan, selain berpatroli, polisi juga berkolaborasi dengan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan terhadap orang yang mencurigakan sebagai langkah deteksi dini atas gangguan keamanan.

“Memberikan imbauan dan pemahaman kepada warga masyarakat nelayan terkait dengan adanya kegiatan KTT G20 di Provinsi Bali. Serta mengimbau kepada warga nelayan untuk tidak melayani warga masyarakat yang hendak berangkat ke Provinsi Bali tanpa adanya alasan yang jelas,” kata Kadek.

Pihaknya meminta warga untuk melapor apabila ada orang yang mencurigakan hendak menuju Bali.

Kadek menegaskan, situasi terakhir terpantau aman, tidak ditemukan adanya masyarakat yang mencurigakan yang hendak menyeberang ke Bali.

Sebelumnya, personel gabungan TNI dan Polri memperketat penjagaan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, dalam rangka kegiatan pengamanan KTT G20 di Bali.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/135114378/ktt-g20-polisi-di-lombok-barat-sisir-jalur-tikus-menuju-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke