Salin Artikel

KH Abdul Rozaq Shofawi Resmi Jadi Iman Besar Masjid Sheikh Zayed Solo

KH Abdul Rozaq Shofawi ditunjuk langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag), tiga hari sebelum peresmian masjid hibah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

KH Abdul Rozaq sebelumnya, merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Solo, Jawa Tengah.

Sedangkan Wakil Iman besarnya, yakni pengasuh Ponpes Al-Quraniy Azzayadiy, KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz atau sapaan akrabnya Gus Karim.

Keduanya, akan menjadi sosok sentral dalam pengelolaan masjid yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden UEA MBZ pada Senin (14/11/2022).

Mereka didampingi total sekitar 20 pengurus masjid yang bakal didapuk sebagai daftar lokasi wisata baru khususnya wisata religi di kota Bengawan.

"Imam besar itu sekaligus ketua pengurus harian, itu imam besar. Kemudian dibantu oleh Wakil yaitu KH Abdul Karim tadi. Jadi ada satu wakil Abdul Karim dan Imam besar ada KH Abdul Rozaq," jelas Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Hukum dan Kerjasama Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Bagus Sigit, seusai pengukuhan di Hotel Swissbell Solo, Minggu (13/11/2022).

KH Abdul Rozaq menjelaskan setelah pelantikan juga, Masjid Sheikh Zayed diharapkan menjadi bentuk pemersatu kebersamaan dalam beribadah.

Terkait perbedaan pendapat atau ikhtilaf soal mazhab yang digunakan, dia tidak ingin  menjadi pemicu perseteruan.

"Kita harus selalu mengusahakan untuk kesatuan bersama, kebersamaan dalam beribadah. Diantar empat mazhab kita pilih satu. Kita disini mazhab Syafi'i, ya mazhab Syafi'i," jelas KH Abdul Rozaq, saat ditemui seusai pengukuhannya, Minggu (13/11/2022).

Ia juga menjabarkan ada beberapa tugas dalam operasional masjid setiap harinya. Seperti halnya, melakukan penjadwalan atau penyusun ibadah.

"Pelaksanaan ibadah diatur dengan baik, dengan Iman Besar dan pengurus lainnya. Dan bisa melaksanakan dengan baik tugasnya," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/061648378/kh-abdul-rozaq-shofawi-resmi-jadi-iman-besar-masjid-sheikh-zayed-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke