Salin Artikel

3 Provinsi Baru di Papua Diresmikan, Pengamat Sebut 3 Pj Gubernur Bebas Tekanan Politik

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur untuk tiga wilayah baru tersebut di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Tito melantik Apolo Safanpo sebagai Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, dan Nicolaus Kandomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Cenderawasi Muliadi Anangkota yakin tiga penjabat gubernur itu akan bebas dari kepentingan partai politik.

Apalagi, kata Mulyadi, ketiga Pj Gubernur itu memilik latar belakang yang bervariasi, mulai dari rektor, birokrat, dan kepala kejaksaan agung.

“Saya lihat Pj Gubernur yang dilantik ini tidak mempunyai ikatan politik dengan partai politik (parpol) di daerahnya masing-masing,” kata Muliadi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat malam.

“Poin positif saya ada di situ. Ketiga Pj Gubernur ini akan fokus pada tugas-tugas mereka sebagai Pj Gubernur untuk membawa membawa tiga provinsi baru ini sampai pada pemilihan gubernur yang defenitif,” tuturnya.

“Bebas dari tekanan politik dalam arti partai politik. Mereka ini tidak diusung oleh partai politik. Mereka ini tidak ada janji-janji atau kampanye politik,” tambahnya.

Muliadi menyampaikan, roda pemerintahan tiga provinsi baru itu tidak terganggu, baik dalam kepentingan nasional dan daerah.

“Ketiga Pj Gubernur yang baru dilantik ini saya yakini tidak akan terganggu dari tekanan-tekanan politik daerah yang datang dari kelompok politik lainnya,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/12/081714678/3-provinsi-baru-di-papua-diresmikan-pengamat-sebut-3-pj-gubernur-bebas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke