Salin Artikel

Ganjar Lepas Pelari Elite Race dan Young Talent Borobudur Marathon 2022

Direktur Utama Bank Jateng Suprayitno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An juga ikut melepas para pelari.

Kategori pertama yang dilepas adalah Men's Elite Race tepat pukul 05.00 WIB. Kategori kedua, Woman's Elite Race pukul 05.10 dan Bank Jateng Young Talent pukul 05.30 WIB.

Borobudur Marathon Elite Race 2022 adalah lomba lari full maraton yang dikhususkan untuk atlet-atlet lari nasional, seperti Triyaningsih, Odekta Naibaho, Betmen Manurung, Asma Bara, dan Atjong Tio Nugroho.

Total atlet yang berlaga di kategori Elite Race adalah 35 orang dari rencana sebelumnya 37 orang. Mereka menempuh jarak 42,195 kilometer keliling Candi Borobudur.

Sedangkan kategori Young Talent berjumlah 29 orang dari rencana awal 30 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan rentang usia 15-18 tahun.

Jarak tempuh kategori ini adalah 10 kilometer di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Kategori Young Talent merupakan kategori baru sepanjang pelaksanaan Borobudur Marathon yang dikelola Harian Kompas dan Yayasan Borobudur Marathon. Ini menjadi bagian dari upaya regenerasi atau melahirkan bibit pelari-pelari berprestasi di Indonesia.

"Adanya Young Talent ini kita dorong para pelajar untuk ikut race bersama atlet Elite Race agar bisa menyemangati mereka," kata Ganjar di sela-sela kegiatan.

Borobudur Marathon 2022 tidak diramaikan atlet lari internasional karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ganjar berujar, adanya Young Talent sekaligus menjadi bagian pembinaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyatakan akan menambah hadiah Rp 50 juta bagi pelari yang mampu memecahkan rekor nasional lari maraton.

Sama halnya, pelari Young Talent baik putra maupun putri yang finis di tiga besar akan mendapat tambahan masing-masing Rp 2 juta dari Ganjar dan Bank Jateng.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/12/074053478/ganjar-lepas-pelari-elite-race-dan-young-talent-borobudur-marathon-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke