Salin Artikel

Warga Merauke Siap Sambut Kedatangan Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan

MERAUKE, KOMPAS.com - Warga Merauke, Papua Selatan, bersiap menyambut kedatangan Apolo Safanpo, penjabat gubernur Papua Selatan yang baru saja dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Hal ini diungkapkan oleh Johanes Gluba Gebze yang merupakan tokoh masyarakat di Merauke.

Johanes mengaku akan menyebarkan undangan terbuka bagi seluruh warga Merauke untuk menyambut sang penjabat gubernur.

"Akan ada undangan terbuka yang akan disebarkan bagi seluruh masyarakat Merauke untuk menyambut Apolo Safanpo yang telah mencetak sejarah sebagai penjabat gubernur pertama di Provinsi Papua Selatan," ujar Johanes saat ditemui di lobi hotel Megaria Merauke, Kamis (11/11/2022).

Sebelumnya, saat UU No 14 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan disahkan, warga Merauke menyambut kedatangan Wamendagri Jhon Wempi Wetipo dengan tari tarian adat dan pawai.

Menurut Johanes, penyambutan terhadap Apolo Safanpo akan sama meriahnya.

“Penjemputan kali ini akan sama meriahnya," jelasnya.

Kini, warga Merauke sedang menunggu kepastian kedatangan Apolo Safanpo ke Merauke untuk memulai tugasnya memimpin Papua Selatan.

“Sekarang kita tinggal menunggu tanggal kepastian kedatangan penjabat gubernur ke Merauke," tambahnya.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan 3 provinsi baru di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Tito juga melantik penjabat gubernur di provinsi baru tersebut. Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/11/142522978/warga-merauke-siap-sambut-kedatangan-apolo-safanpo-sebagai-pj-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke