Salin Artikel

Peringati Hari Pahlawan, Siswa SLB Blora Berziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Mayoritas masyarakat Indonesia memeringati hari pahlawan dengan berbagai macam cara.

Ada yang melakukan upacara, mengadakan bakti sosial, mengheningkan cipta, hingga berziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan (TMP).

Seperti yang dilakukan oleh guru dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Ceria Mandiri Blora, dengan mengajak siswa-siswinya berziarah dan melakukan tabur bunga ke TMP Wira Bhakti Blora.

Dengan menggunakan pakaian daerah, mereka berangkat dari sekolah dengan menyewa kereta kelinci yang mengantar sampai ke tujuan.

Sebelum melakukan tabur bunga ke makam, para siswa juga diajak berdoa untuk mendoakan jasa para pahlawan.

Kepala SLB Ceria Mandiri Blora, Farida Nursanti mengatakan pihaknya sengaja mengajak para muridnya untuk tabur bunga di makam para pahlawan untuk meneladani perjuangannya.

"Sehingga memang kita sengaja mengajak ke sini melihat lebih dekat, meskipun mereka enggak paham ini apa, tapi kita sebagai guru berusaha mengajari," ucap Farida saat ditemui wartawan di lokasi, Kamis (10/11/2022).

Dirinya mengakui siswa-siswi yang belajar di SLB tersebut memang berkebutuhan khusus.

"Rata-rata anak kita itu autis, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang tuna grahita dan tuna rungu," kata dia.

Meskipun untuk saat ini, para siswa tidak paham apa yang dilakukannya, namun sebagai guru, ia dan rekan-rekan seprofesinya sudah memberikan edukasi tentang semangat juang para pahlawan.

"Kita berusaha mengenalkan dulu sehingga paling tidak kalau kita terus memasuki atau mengajari setiap hari pasti dia ingat, karena pada dasarnya autis itu cerdas, pengingat ulung," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/10/125131878/peringati-hari-pahlawan-siswa-slb-blora-berziarah-dan-tabur-bunga-di-taman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke