Salin Artikel

Pria di Sikka Sudah 2 Hari Berada di Atas Tower, Tak Mau Turun dan Ngotot Ingin Bertemu Bupati

Agustinus belum berhasil dievakuasi meski tim SAR gabungan telah melakukan berbagai upaya.

"Hari ini sudah memasuki hari kedua dia ada di atas tower. Tim SAR gabungan telah berusaha membujuk sejak kemarin, namun dia menolak turun," ujar salah satu karyawan radio, Arnol Welin (38) kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Ngotot bertemu bupati

Agustinus berada tower setinggi 43 meter itu sejak Selasa (8/11/2022) pagi. Belum diketahui motif pria asal Kabupaten Ngada ini nekat memanjat tower tersebut.

Arnol Welin mengatakan, upaya evakuasi sudah dilakukan oleh tim SAR gabungan, namun belum membuahkan hasil.

Arnol mengungkapkan, berdasarkan informasi dari tim SAR, Agustinus akan turun asalkan dirinya bisa menemui Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan Kapolres Sikka AKBP Nelson Felipe Diaz Quintas.

Selama keinginannya belum terwujud, ia akan tetap berada di atas puncak tower.

"Kemarin ada tiga utusan tim SAR gabungan yang berkomunikasi Agustinus, tetapi Agustinus minta ketemu sama Bupati dan Kapolres," katanya.


Akibat aksi Agustinus, tower pemancar radio Suara Sikka belum bisa beroperasi, lantaran takut terjadi hal yang tidak diinginkan.

Aksi Agustinus menyita perhatian warga Kota Maumere. Beberapa warga yang hendak melintas berhenti sejenak untuk melihatnya. Mereka juga yang berteriak dan meminta Agustinus untuk turun.

Namun permintaan tersebut tidak digubris. Pria yang pernah naik papan reklame setinggi belasan meter di Gelora Samador Maumere ini memilih bertahan.

Ia bahkan naik hingga puncak tower, sambil membentangkan bendera merah putih dan spanduk yang berisi sejumlah tuntutan.

Para personel keamanan dan SAR Maumere sudah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Mereka juga berusaha membujuk Agustinus untuk turun, namun belum berhasil.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Wayan Suwena mengaku, tim SAR gabungan cukup kewalahan, sebab saat situasi semakin ramai Agustinus terus naik hingga puncak tower.

"Untuk sementara kita lakukan tindakan terbatas. Kita coba komunikasi mencari tahu apa keinginannya," ujar Wayan.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/09/181853378/pria-di-sikka-sudah-2-hari-berada-di-atas-tower-tak-mau-turun-dan-ngotot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke