Salin Artikel

14 Warga di Bima Terpapar Covid-19 dalam Kurun Waktu 4 Hari

Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mencatat, dalam kurun waktu empat hari mulai 31 Oktober sampai 3 November 2022, tercatat ada 14 warga terpapar Covid-19.

"Setelah kami lakukan pemantauan di Bima sudah ada 14 warga yang terpapar Covid-19 sampai dengan saat ini," kata Kepala Bidang Penyehatan dan Pengendalian Penyakit Lingkungan Dinkes Bima, Alamsyah saat dihubungi, Jumat (4/11/2022).

Alamsyah menyampaikan, munculnya kasus baru Covid-19 ini bermula tanggal 31 Oktober 2022.

Saat itu datang sembilan pasien dengan gejala mirip Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima. Setelah melalui proses pemeriksaan medis, mereka dinyatakan positif Covid-19.

Dari sembilan pasien tersebut, lanjut dia, enam orang diketahui pernah kontak erat dengan pasien Covid-19 dari luar daerah.

Sementara tiga pasien lainnya adalah korban penularan dalam daerah.

"Sudah kami tangani, enam orang berhasil sembuh dan tiga lain masih dirawat di rumah sakit sampai sekarang," ujarnya.


Tidak lama setelah munculnya sembilan pasien awal, ada tambahan lima pasien Covid-19 di tanggal 3 November 2022.

Mereka kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Bima. Sementara tim medis Puskesmas langsung melakukan penulusuran kontak eratnya untuk mengendalikan rantai penularan virus itu.

Alamsyah menambahkan, 14 pasien ini tersebar di beberapa wilayah seperti 4 kasus di Kecamatan Bolo. Kemudian 1 kasus di Kecamatan Palibelo.

Lalu, 3 kasus di Kecamatan Parado, 2 kasus di Soromandi, dan masing-masing 1 kasus di Kecamatan Ambalawi, Lambu dan Woha.

"Petugas kami saat ini terus lakukan penulusuran, terutama untuk keluarga yang pernah kontak erat dengan pasien," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/04/194651578/14-warga-di-bima-terpapar-covid-19-dalam-kurun-waktu-4-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke