Salin Artikel

Kenang Sosok Filep Karma, Tokoh Kemerdekaan Papua, Sang Anak: Dia Sangat Mencintai Damai

Penyerahan jenazah Filep Karma dilakukan langsung oleh anak kandungnya Audryne Karma.

Sosok sang ayah

Audryne mengungkapkan, Filep Karma adalah sosok ayah yang baik baginya dan sang adik, Andrefina Karma.

“Banyak nilai-nilai yang ditanamkan kepada kami. Dia (Filep Karma) ajarkan saya untuk tidak boleh takut bicara, dia ajar saya untuk bicara jujur, tidak takut dengan kebenaran, dia ajar saya untuk jangan menjadi orang penjilat,” ungkapnya di hadapan ratusan warga, Rabu.

Menurutnya, sang ayah adalah orang yang tidak suka terhadap kekerasan.

“Dia (Filep Karma) adalah orang yang sangat mencintai damai. Mungkin kalau teman-teman ingat senyuman bapak Filep Karma, di mana senyumannya selalu menyejukan hati,” ucapnya.


Dimakamkan

Audryne dalam kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis jenazah ayahnya pada perwakilan rakyat Papua, hingga dibawa untuk dimakamkan.

“Kami keluarga sayang Bapak, tetapi kami tahu teman-teman dan rakyat Papua sangat kami punya Bapak, maka kami menyerahkan Bapak (Filep Karma) kepada rakyat Papua, karena Filep Karma bukan saja kami punya bapak, tetapi rakyat Papua,” ujarnya, disambut tepuk tangan ratusan warga.

Jenazah Filep Karma dimakamkan di Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Sebelumnya, tokoh Papua Merdeka Filep Karma ditemukan meninggal dalam kondisi masih mengenakan pakaian selam di Pantai Base G, Jayapura, Selasa (1/11/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/11/02/171655378/kenang-sosok-filep-karma-tokoh-kemerdekaan-papua-sang-anak-dia-sangat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke