Salin Artikel

Ada Pabrik Uang Palsu di Belakang Rumah Dinas Bupati Sukoharjo, Total Barang Bukti Rp 1,26 Miliar

Hasil penyelidikan kepolisian, penyebaran uang palsu tersebut lintas provinsi. Di antaranya menyebar ke Lampung, Bandung, dan kota-kota lainnya di luar Sukoharjo.

Terdapat lima tersangka dalam kasus ini yang memiliki peran masing-masing. Sarimin berperan menyablon, mendesain uang palsu, serta mengoperasikan mesin. Tamtomo berperan sebagai mengoprasikan mesin.

Tri Hendro Wahyudi berperan sebagai pendesain uang, scaning, ngeplat menggunakan
aplikasi coreldraw. Purwanto sebagai marketing. Sementara Irvan Mahendra sebagai pimpinan percetakan yang mendanai memerintahkan para pelaku lain untuk membuat uang palsu.

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi saat di Polres Sukoharjo, Selasa, (1/11/2022), menjelaskan barang bukti yang diamankan adalah uang palsu sebesar Rp 1.260.400.000.

Pendistribusian uang palsu dilaksanakan secara terorganisir, dengan berbagai cara mengelabui masyarakat. Mulai dari marketing menawarkan uang palsu kepada pembeli hingga membelanjakannya untuk barang dan jasa untuk kebutuhan sehari-hari.

"Motifnya untuk mencari keuntungan dan dibekali dengan mesin atau peralatan yang canggih. Uang palsu hampir mirip sekali," lanjutnya.

Untuk antisipasi penyebaran uang palsu, Lutfi menjelaskan akan melakukan penguatan edukasi kepada masyarakat mengenai ciri keaslian uang rupiah. Selain itu juga mempersempit ruang gerak peredaran uang palsu.

Kemudian melakukan pengungkapan kasus uang palsu untuk menurunkan tingkat peredaran uang palsu di masyarakat. Dia juga akan menindak tegas pelaku tindak pidana uang palsu untuk memberikan efek jera.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/01/161402478/ada-pabrik-uang-palsu-di-belakang-rumah-dinas-bupati-sukoharjo-total-barang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke