Salin Artikel

Paskalino, Siswa SMA di Supiori Papua yang Panjat Tiang Bendera Saat Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Dalam video yang beredar, terlihat seorang remaja tanpa rasa takut memanjat hingga puncak tiang bendera dan mengambil tali bendera yang terlepas.

Diketahui pemuda tersebut adalah Paskalino Sada (15) siswa kelas X SMA Negeri Mansoben di Kabupaten Supiori, Papua. 

Saat dihubungi oleh Kompas.com, Paskalino mengaku peristiwa itu terjadi saat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati Supiori, Jumat (28/10/2022).

Dia spontan memanjat tiang bendera setelah mengetahui tali bendera tersebut putus. Saat itu posisi bendera sudah berada di atas.

“Saat upacara bendera HUT Sumpah Pemuda saya ada di tenda. Tiba-tiba tali di bagian bawah putus, sehingga secara spontan saya langsung naik untuk menurunkan bendera Merah Putih,” ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Paskalino menjelaskan, saat itu dia terus memanjat tiang sampai di puncak dan berhasil menurunkan kembali tali beserta benderanya.

“Saya tidak tahu pasti berapa meter tiang bendera, tetapi lebih tinggi dari (gedung) kantor bupati tiang benderanya,” tutur Paskalino.


Aksi Paskalino ini mendapatkan apresiasi dari semua warga, terutama Bupati Supiori dan Kapolres Supiori.

“Bupati dan Kapolres memberikan apresiasi dan senang atas aksi yang saya lakukan dengan naik ke tiang dan menyelamatkan bendera merah putih, karena tali di bagian bawah yang putus,” ucap siswa kelahiran Biak Numfor 6 April 2007 ini.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/31/162222878/paskalino-siswa-sma-di-supiori-papua-yang-panjat-tiang-bendera-saat-upacara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke