Salin Artikel

Saat Kapolri Ditanya soal Peci dan Helm bagi Jemaah Pengajian...

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat pertanyaan nyeleneh dari salah satu jemaah pengajian di tengah safarinya di Jawa Tengah.

Saat itu, moderator, Mahbub Zaki, melontarkan pertanyaan titipan dari jemaah tentang peci dan helm bagi jemaah pengajian.

"Pak Kapolri, ini ada pertanyaan dari jemaah, boleh enggak kalau pengajian enggak pakai helm, cukup pakai peci. Karena setiap pengajian, helmnya hilang. Pengajiannya setiap hari pula," tanya Gus Boby, biasa Mahbub Zaki disapa, kepada Kapolri dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Pertanyaan itu disampaikan dalam dialog santai dengan habaib, ulama dan kiai-kiai Nahdliyin di kediaman Habib Umar Muthohar di Pondok Pesantren Al Madinah Cepoko, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022).

Kapolri yang memakai seragam dinas dengan kopiah hitam awalnya hanya merespons pertanyaan nyeleneh ini dengan tawa. Jenderal Listyo tak langsung menjawabnya.

Namun, begitu acara telah berakhir, Gus Boby kembali menanyakan pertanyaan ini.

"Oh, soal itu. Peci itu urusannya keimanan. Kalau helm, urusannya keamanan," jawab Kapolri disambut gelak tawa para habaib dan kiai yang hadir.

Silaturahmi Kapolri berlangsung gayeng. Sejumlah candaan dan pertanyaan pun dilontarkan dalam suasana yang amat cair. Kapolri beberapa kali tersenyum lebar menyimak sentilan dan guyonan khas kiai NU.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/30/100736378/saat-kapolri-ditanya-soal-peci-dan-helm-bagi-jemaah-pengajian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke