Salin Artikel

Tangis Bahagia Mama Maria, Pedagang Difabel di Pasar Youtefa Saat Terima Bantuan Kemensos

Maria menerima kursi roda baru itu di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (22/10/2022).

Air mata Maria tak terbendung karena bantuan kursi roda baru yang dibutuhkannya selama ini akhirnya dikabulkan.

Raut wajah bahagia terlihat di wajah Maria saat menduduki kursi roda baru tersebut. Sementara suami Maria, Fredik Wakum (62), terlihat bahagia melihat sang istri mendapat bantuan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Semoga bantuan ini akan saya pergunakan sebaik-baiknya,” kata Maria sambil menahan tangis, Sabtu.

Maria tak menyangka mendapat bantuan dari Kementerian Sosial. Selain kursi roda, Maria mendapat bantuan tenda untuk berjualan, sembako, dan kartu keanggotaan BPJS.

“Terima kasih ibu Risma, saya tidak bisa mengungkapkan kata-kata yang banyak. Saya hanya mengucapkan terima kasih. Ibu sudah mengangkat kami dari kemiskinan. Ibu terima kasih,” ucapnya sambil mengasup air matanya.

Ungkapan syukur juga disampaikan suami Maria, Fredik Wakum. Fredik menyebut, bantuan ini merupakan campur tangan dari Tuhan.

“Saya yakin dan percaya, semua yang diberikan melalui Kemensos ini merupakan campur tangan dari Tuhan. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk istri dan saya. Kami akan gunakan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Fredik senang karena istrinya mendapat bantuan kursi roda baru. Istrinya tak bisa berjalan akibat kecelakaan yang dialami pada 2020.

“Saya yakin ini adalah amanah dari Yang Kuasa yang menyuruh orang-orang baik dan melalui media dari Kompas yang sudah mengekspos, sehingga adanya bantuan yang diberikan langsung oleh Kemensos,” ungkapnya ketika berdiri disamping istrinya yang duduk di kursi roda yang baru diberikan.

Bantuan Kemensos

Kementerian Sosial melalui Sentra Wirajaya dan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura bergerak memberikan bantuan sosial kepada Maria.

Pegawai Sentra Wirajaya Kemensos Sultan menjelaskan, pihaknya dan BBPKS Jayapura memberikan bantuan berupa kursi roda, tenda jualan, dan sembilan bahan pokok (sembako).

“Kita juga memberikan modal kepada Ibu Maria untuk berjualan. Modalnya berupa investasi dan hanya bisa diambil dalam bentuk barang. Ada beberapa bantuan yang kita berikan,” jelas Sultan kepada Kompas.com.

Sultan menjelaskan, bantuan yang paling penting diberikan adalah kursi roda karena Maria tak bisa berjalan sejak mengalami kecelakaan dua tahun lalu.

Maria, kata Sultan, juga belum bisa melakukan operasi sejak kecelakaan itu. Hal itu karena biaya operasi tak sedikit, sementara Maria tak memiliki BPJS Kesehatan.

“Setelah mendapatkan keluhan dari Ibu Maria, maka kami dari Sentra Wirajaya bekerja sama dengan BBPJS dan Dinas Sosial Kabupaten Keerom memfasilitasi untuk pembuatan Kartu BPJS milik Ibu Maria,” katanya.

Keanggotaan BPJS Maria pun telah berlaku sejak Jumat (21/10/2022). Sultan menegaskan, Maria bisa melakukan pengobatan luka kakinya di rumah sakit.

“Sudah terdaftar sejak kemarin dan bisa dapat digunakan oleh Ibu Maria untuk berobat dan operasi kedepannya,” ungkapnya.

Harapan

Sultan berharap, Maria dan suaminya tetap semangat berjualan di Pasar Youtefa.

“Kepada Ibu Maria tidak patah semangat, sebab masih ada uluran tangan dari pihak-pihak lain berupa material, pemikiran, maupun semangat,” harapnya.

Sultan juga berpesan kepada Fredrik agar setia mendampingi Maria berjualan di pasar.

“Papa (bapak) dari suami Ibu Maria bisa tetap mendampingi, setia hingga sampai mati,” harapnya.

Sultan berharap bantuan itu bisa dimanfaatkan secara baik oleh Maria dan keluarga. Bantuan tersebut bisa menjadi modal bagi Maria dan suaminya untuk berjualan di pasar.

“Ibu tetap berjualan. Kalau bisa memiliki tempat yang sah di mata hukum di pasar dan tidak dalam kondisi seperti ini karena suatu waktu bisa digusur oleh pihak Pamong Praja. Itu harapan kami,” tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/124304178/tangis-bahagia-mama-maria-pedagang-difabel-di-pasar-youtefa-saat-terima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke