Salin Artikel

Masih Waspada, Apotek di Semarang Masih Karantina Semua Jenis Obat Sirup dari Penjualan

Meski telah keluar Informasi Kelima Hasil pengawasan BPOM terkait sirup obat yang aman dikonsumsi, sebagian apotek di Semarang masih menarik semua jenis sirup obat dari penjualan.

Hal itu merupakan kebijakan dari masing-masing apotek menyikapi edaran informasi dari pihak BPOM. Saat meninjau ke Apotek Kimia Farma Jalan Dr Sutomo terlihat seluruh obat jenis sirup ditarik dari etalase.

Puluhan jenis obat sirup dikarantina secara mandiri dalam kardus besar di ruang terpisah. Obat itu tidak diperjualbelikan untuk sementara waktu.

Bahkan pihaknya juga tidak menerima resep dokter yang menyertakan obat sirup.

Di lokasi peninjauan selanjutnya, Apotek Sugiyopranoto sekitar Kawasan Bulu pun mengambil sikap sama dengan Kimia Farma. Tifany sang pemilik apotek mengaku masih waspada dengan peredaran obat sirup saat ini.

Sementara itu, pada kunjungan berikutnya di Apotek K24, sebagian sirup obat yang diperbolehkan peredarannya oleh BPOM tetap dapat dibeli pelanggan.

Akan tetapi, Siti Asiyah Apoteker Penanggung Jawab tetap mengimbau agar anak yang mengalami demam diberi obat selain sirup.

Bila orangtua yang membeli datang dengan resep dokter, ia akan melayani dan memberikan obat-obatan yang telah diresepkan termasuk jenis sirup.

“Kalau demam bisa pakai panadol anak, atau obat yang bisa dikunyah khusus anak,” katanya.

Kasatresnarkoba Polrestabes Semarang, AKBP Edy Sulistiyanto menjelaskan, pemantauan dan pembinaan terkait peredaran obat sirup anak yang dilarang BPOM berdasarkan arahan dari pemerintah pusat.

Pihaknya hanya meninjau di lokasi dan memastikan obat-obatan terlarang itu telah diamankan oleh pihak apotek.

Sebagai informasi, sampai saat ini belum ada kasus gagal ginjal akut misterius pada anak yang terjadi di Kota Semarang.

“Gagal ginjal yang terjadi di Semarang bukan karena obat ini, tapi karena penyebab lain,” pungkas Kabid Sumber Daya Kesehatan DKK Semarang Nugroho Edi.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/095855678/masih-waspada-apotek-di-semarang-masih-karantina-semua-jenis-obat-sirup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke