Salin Artikel

Apotek Kimia Farma di Jalan Pemuda Semarang Sudah Tak Jual Obat Sirup, Sudah Diganti Jenis Tablet

Imbauan tersebut muncul setelah terjadi fenomena penyakit gagal ginjal akut misterius yang banyak menyerang anak-anak.

Pantauan di lokasi, apotek Kimia Farma yang berada di Jalan Pemuda, Kota Semarang sudah tak menjual obat cair sejak Kemenkes mengeluarkan imbauan.

Apoteker Kimia Farma, Nanto mengatakan, pihaknya untuk sementara tidak menjual obat jenis cair kepada masyarakat sampai imbauan Kemenkes dicabut.

Awalnya ada 100 obat jenis cair yang dia jual. Namun, saat ini jenis obat cair tersebut sudah ditukar dengan obat tablet sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Ada obat anak kecil hingga dewasa yang kami tukar dari cair ke tablet," paparnya.

Larangan beberapa obat sirup dijual disebabkan adanya fenomena penyakit gagal ginjal akut misterius yang banyak menimpa anak kecil. "Sekarang sudah ada ratusan korban," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dia dapatkan, ada beberapa obat jenis cair mengandung zat berbahaya yang diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut misterius.

"Namun kita tetap menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat," katanya.

Salah satu warga Kota Semarang, Lala mengaku prihatin dengan adanya fenomena gagal ginjal akut misterius yang banyak diderita anak-anak.

"Ya prihatin, tapi kalau seperti saya ini kan biasa minum obat cair ya. Kalau pakai yang kapsul tak bisa menelan," paparnya.

Meski demikian, dia mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia yang sigap mengatasi fenomena tersebut.

Lala berharap penyakit gagal ginjal akut misterius segera ditemukan penyebabnya. "Semoga cepat selesai, saya juga waswas," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/21/140313678/apotek-kimia-farma-di-jalan-pemuda-semarang-sudah-tak-jual-obat-sirup-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke