Salin Artikel

Ganjar Singgung Situasi Krisis Pangan: Indonesia Sebenarnya Bisa Jadi Juragan

Dalam sambutannya, Ganjar menyinggung soal situasi krisis pangan yang diprediksi akan melanda dunia.

“Kalau pangan dunia bermasalah, maka kesempatan Indonesia sebenarnya bisa jadi juragan pangan. Karena kita sangat mudah. Iklimnya mendukung, tanahnya subur, tinggal keseriusan kita,” kata Ganjar, dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Ganjar menyebutkan beberapa duta besar yang sempat berkunjung, seperti Uni Eropa dan Dubes Amerika, mengaku mengalami situasi lebih sulit.

“Alhamdulillah bapak ibu kita hidup di Indonesia,” imbuh dia.

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Supriyatno juga menyebutkan bila Jateng memiliki potensi produksi pangan alternatif.

“Kalu di Jateng bisa dikembangkan sorgum, ketela pohon, porang, dan lainnya yang bisa dijadikan pangan alternatif selain beras,” papar Supriyatno.

Lebih detail, perkembangan komoditas pangan alternatif ubi kayu sampai Oktober 2022, dari luas panen 98.809 hektare diproduksi sebanyak 2.990.539 ton dari 30 kabupaten atau kota.

Lalu, perkembangan komoditas pangan alternatif ubi jalar sampai Oktober 2022 dari luas panen 4.093 hektare diproduksi sebanyak 105.138 ton dari 32 kabupaten atau kota.


Sedangkan, perkembangan komoditas pangan alternatif sorgum sampai akhir 2022 dari luas panen 547 hektare diproduksi sebanyak 2.714,2 ton dari 5 kabupaten atau kota.

Ganjar juga mengimbau para kades di Jawa Tengah untuk mulai menyosialisasikan dan menggalakkan penanaman sebanyak mungkin.

“Sing penting nandur sak akeh-akehe (yang penting menanam sebanyak-banyaknya), supaya saat ada situasi krisis pangan kita sudah siap,” kata dia.

Kegiatan diawali dengan Salat Isya berjamaah. Selain santri, ulama, dan para kiai, doa bersama juga diikuti SAR, BPBD, PMI hingga relawan kebencanaan lainnya.

Ganjar mengatakan, sehebat-hebatnya manusia merencanakan masih tetap ada batasnya.

"Mudah-mudahan lahirnya kita apel siaga, menyebarkan informasi, menyiapkan dukungan agar masyarakat bisa tertolong dengan cepat, sebagai langkah-langkah antisipatif," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/20/225210578/ganjar-singgung-situasi-krisis-pangan-indonesia-sebenarnya-bisa-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke