Salin Artikel

5 Tahanan Kabur, Kapolsek KSKP Boom Baru Palembang Diganti

PALEMBANG, KOMPAS.com - Polda Sumatera Selatan mengeluarkan surat Telegram Rahasia (TR)  bernomor Kep/435/X/2022/ tertanggal jumat 14 Oktober 2022.

Dalam TR tersebut, sejumlah pejabat di lingkup jajaran Polres dan Polsek di diganti.

AKP Imelda Rahmat yang menjabat sebagai  Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KSKP) Boom Baru Palembang dicopot dan dimutasi sebagai Pama di Polrestabes Palembang, pascakaburnya lima tahanan pada Minggu (9/10/2022). 

Sementara, jabatan Kapolsek KSKP Boom Baru diisi Iptu Nora Marlinda yang sebelumnya menjabat PS Panit 2 Unit 3 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Sumsel.

Tak hanya Kapolsek KSKP, Kompol Tri Wahyudi yang menjabat Kasat Reskrim Polrestabes Palembang dimutasi sebagai Kasubdit IV PPA/Renakta Ditreskrimum Polda Sumsel.

Sementara, posisi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang digantikan Kompol Haris Dinza  yang sebelumnya Kasubdit II Harda Polda Sumsel.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Supriadi mengatakan, rotasi jabatan merupakan hal biasa sebagai bentuk penyegaran.

“Selain itu, ini juga sebagai bentuk promosi untuk meningkatkan kinerja masing-masing anggota sesuai dengan arahan Kapolri,” kata Supriadi, Kamis (20/10/2022).

Supriadi mengungkapkan, dalam TR itu, tak hanya jajaran lingkup Polrestabes yang dirotasi, beberapa jajaran Polres lain mengalami hal sama.

“Sebagai penyegaran ini adalah yang biasa ditubuh polri untuk rotasi jabatan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya,satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Palembang menangkap lima tahanan yang kabur dalam sel Polsek Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Boom Baru Palembang.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi mengatakan, lima tahanan itu kabur sejak Minggu (9/10/2022) malam. Para tahanan kembali tertangkap pada Selasa (11/10/2022) di tempat berbeda.

“Tiga orang ditangkap di Pekanbaru, satu orang di Kabupaten OKI dan satu lagi di Palembang. Semuanya sudah berhasil ditangkap dan kini dalam perjalanan,” kata Tri, Rabu (12/10/2022).

Tri menjelaskan, kelima tahanan itu merupakan tersangka kasus kriminal dan narkoba. Tiga di antaranya titipan dari Jaksa lantaran berkas tahap pemeriksaan sudah P21. Sementara, dua lagi masih dalam proses menunggu pelimpahan.

Menurut Tri, kelima tahanan dilumpuhkan petugas karena mencoba melakukan perlawanan ketika akan kembali tertangkap.

 “Kami terpaksa memberikan tindakan tegas karena ada upaya perlawanan dari mereka,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/20/103421078/5-tahanan-kabur-kapolsek-kskp-boom-baru-palembang-diganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke